Ingin Pindah Memilih? KPU Kota Semarang Masih Layani hingga 10 April

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Semarang masih melayani masyarakat yang akan melakukan pindah memilih hingga 10 April mendatang.

Ingin Pindah Memilih? KPU Kota Semarang Masih Layani hingga 10 April
TRIBUN JATENG/M ZAENAL ARIFIN
Ketua KPU Kota Semarang, Henry Cassandra Goeltom. 

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Semarang masih melayani masyarakat yang akan melakukan pindah memilih hingga 10 April 2019 mendatang.

Sebelumnya batas waktu pelayanan pindah memilih yang disebut KPU yakni 17 Februari 2019, lalu diperpanjang hingga 17 Maret 2019.

Namun, dengan adanya putusan Mahkamah Konstitusi (MK) No. 20/ PUU - XVIII/ 2019, layanan pindah milih diperpanjang hingga 10 April.

Ketua KPU Kota Semarang, Henry Casandra Gultom memaparkan, keputusan MK ini berlaku bagi pemilih dalam keadaan tertentu, antara lain sakit, terkena bencana, sedang menjalani tahanan, dan menjalankan tugas saat pemungutan suara.

"Pemilih yang dimaksud tersebut dapat melakukan pindah hingga 10 April pukul 16.00. Selain pemilih dengan ketentuan itu, kami sudah tidak melayani," katanya, Senin (8/4/2019).

Adapun, persyaratan yang harus dibawa ke KPU jika akan melakukan pindah memilih, beber Nanda, yaitu KTP, KK atau fotokopinya, dan surat tugas jika menjalankan tugas saat pemungutan suara.

"Dan yang terpenting memang terdaftar di daftar pemilih tetap (DPT)," imbuhnya.

Terkait pemilih yang baru akan berusia 17 tahun pada April ini, Nanda mengatakan, sudah selesai mendata dan sudah berkoordinasi dengan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispendukcapil) Kota Semarang. Mereka sudah terdaftar dan bisa memilih pada pemungutan suara nanti.

Sementara itu, jumlah daftar pemilih tambahan (DPTb) Kota Semarang, lanjutnya, sekitar 15.000 pemilih.

Sedangkan DPT yang keluar sekitar 5.000 pemilih. Mayoritas pemilih yang mengurus pindah memilih didominasi oleh mahasiswa.

Halaman
12
Penulis: Eka Yulianti Fajlin
Editor: m nur huda
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved