H-1 Pemungutan dan Perhitungan Suara Pemilu 2019 di Karanganyar, Tim Gabungan Tinjau TPS

Menjelang pemungutan dan perhitungan suara Pemilu 2019, Tim gabungan lakukan tinjauan ke TPS di 17 Kecamatan yang ada di Kabupaten Karanganyar

H-1 Pemungutan dan Perhitungan Suara Pemilu 2019 di Karanganyar, Tim Gabungan Tinjau TPS
TRIBUN JATENG/AGUS ISWADI
Tim gabungan saat melakukan tinjauan di TPS 001 di Kelurahan Bolong Kecamatan Karanganyar, Selasa (16/4/2019) 

TRIBUNJATENG.COM, KARANGANYAR - Menjelang pemungutan dan perhitungan suara Pemilu 2019, Tim gabungan tinjauan ke TPS di 17 Kecamatan yang ada di Kabupaten Karanganyar, Selasa (16/4/2019)

Seusai berkoordinasi di Ruang Athrium Rumah Dinas Bupati Karanganyar, Tim Gabungan yang terdiri dari Organisasi Perangkat Daerah (OPD), anggota TNI, dan Kepolisian menyebar meninjau kesiapan KPPS dalam pemungutan dan perhitungan suara Pemilu 2019 esok hari.

Kepala (Kebangpol) Karanganyar, Agus Cipto Waluyo menekankan kepada tim gabungan yang melakukan tinjauan di 17 kecamatan, untuk mengecek kesiapan KPPS dalam penyelenggaraan pemungutan dan perhitungan suara.

"Ada 4 point yang perlu diperhatikan saat mengecek TPS, yakni lokasi TPS, sudah tertempelnya DPT pada papan pemberitahuan, kelengkapan logistik, dan personel (KPPS, Linmas ada atau tidak, yang ada siapa saja)," jelasnya

Asisten II Pembangunan, Perekonomian dan Kesejahteraan Rakyat Setda Karanganyar, Siti Maesaroh dan Kabid Bidang Informasi dan Komunikasi Publik (IKP) Diksominfo Karanganyar, Ardiansyah melakukan tinjauan di 3 kelurahan di Kecamatan Karanganyar yakni Kelurahan Jantiharjo, Kelurahan Bolong dan Kelurahan Lalung.

Didampingi anggota kepolisian, perangkat daerah, PPK dan Panwascam. Mereka mengecek di empat TPS, yakni TPS 008 di Lingkungan Kerten RT 5/8, TPS 016 di Lingkungan Mojo RT 3/12 Kelurahan Jantiharjo dan TPS 001 di Kelurahan Bolong serta TPS 024 di Kelurahan Lalung.

Ketua KPPS TPS 16 yang berada di Lingkungan Mojo Rt 3/12 Kelurahan Jantiharjo, Aziz Eko Wahyuliyanto menuturkan, jumlah DPT di wilayahnya sejumlah 195 orang. "Ada 2 pemilih disabilitas (Tuna Wicara), penglihatannya masih normal jadi tidak perlu pendamping," katanya kepada Tribujateng.com, Selasa (16/4/2019)

Ia menuturkan, terkait logistik yang didistribusikan dari PPK melalui PPS sudah lengkap semua.

Selanjutnya, Asisten II Pembangunan, Perekonomian, dan Kesejahteraan Rakyat Setda Karanganyar, Siti Maesaroh menuturkan, setelah pengecekan ini tadi persiapan sudah 95 persen.

"Seperti yang sudah dianjurkan saat koordinasi, terkait pengecekan logistik, pengumuman DPT, kesiapan KPPS, dan tempat TPS. Semua sudah siap, sehingga besok dapat melaksanakan pemungutan dan perhitungan suara," katanya kepada Tribunjateng.com dan media lain seusai melakukan tinjauan.

Ia menghimbau terkait pengamanan malam harinya, Linmas, anggota KPPS supaya berjaga-jaga di TPS masing-masing.

Di sisi lain, saat ditanya terkait hasil tinjauan serentak di 17 kecamatan yang ada di Karanganyar. Ketua KPU Karanganyar, Triastuti Suryandari menuturkan, ada beberapa laporan terkait logistik yang rusak berupa kotak suara, namun itu sudah dapat diatasi.

"Karena kekurang hati-hatian saat loading, sehingga ada beberapa bagian kotak suara yang rusak. Akan tetapi itu masih bisa digunakan dan tidak mempengaruhi jalannya proses pemungutan dan perhitungan suara besok," jelasnya.(*)

Penulis: Agus Iswadi
Editor: galih permadi
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved