Dua Jurnal FTIK Universitas Semarang Raih Akreditasi Nasional

Jurnal ilmiah Fakultas Teknologi Informasi dan Komunikasi Universitas Semarang (FTIK USM) berhasil meraih akreditasi dari Kemenristekdikti.

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Jurnal ilmiah Fakultas Teknologi Informasi dan Komunikasi Universitas Semarang (FTIK USM) berhasil meraih akreditasi dari Kemenristekdikti.

Dua jurnal yang berhasil meraih akreditasi di antaranya berjudul 'the Messenger' dan 'Transformatika'.

Raihan akreditasi ini berdasarkan keputusan Direktur Jenderal Penguatan Riset Dan Pengembangan Kementerian Riset, Teknologi, Dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia dengan Nomor 3/E/KPT/2019 Tentang Peringkat Akreditasi Jurnal Ilmiah Periode I Tahun 2019.

Wakil Dekan II FTIK USM Erika Dwi Setyo Watie menjelaskan surat keputusan ini berlaku lima tahun ke depan.

"Lewat lolosnya dua jurnal terakreditasi nasional dengan peringkat SINTA 3 ini diharap memicu penulis karya ilmiah lingkungan USM lebih aktif mempublikasi karyanya," katanya, Rabu (15/5/2019).

Menurutnya lewat jurnal terakreditasi, apa yang telah dilakukan para peneliti dapat diketahui, bahkan dapat memicu pengembangan lebih lanjut di kalangan masyarakat.

"Peran dunia pendidikan bisa muncul di tengah masyarakat," katanya.

Menurutnya, lolosnya dua jurnal terakreditasi ini semakin mendorong sinergi pengembangan hasil penelitian dan pengabdian dengan kalangan industri dan praktisi.

"Agar semakin mendekatkan jarak dunia pendidikan dan dunia industri di lapangan," terangnya.

Erika mengungkapkan jurnal terakreditasi nasional dengan peringkat SINTA 3 artinya jurnal tersebut bagus.

Tetapi ke depan ia berharap para pengelola jurnal terus berupaya meningkatkan peringkat jurnal menuju peringkat SINTA 1. (Ahm)

Penulis: akbar hari mukti
Editor: muh radlis
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved