Pemudik Sepeda Motor Dominasi Arus Balik di Kabupaten Demak Hari Minggu Ini

Kepadatan arus balik Lebaran di jalur Pantura Demak mencapai puncaknya pada Minggu (9/6/2019), khususnya pemudik yang mengendarai sepeda motor.

Pemudik Sepeda Motor Dominasi Arus Balik di Kabupaten Demak Hari Minggu Ini
TRIBUN JATENG/BUDI SUSANTO
Sejumlah kendaraan melintas di Jalan Pantura Kota Pekalongan menuju ke arah Semarang, Jumat (31/5/2019). 

TRIBUNJATENG.COM, DEMAK - Kepadatan arus balik Lebaran di jalur Pantura Demak mencapai puncaknya pada Minggu (9/6/2019).

Kepadatan lalu lintas didominasi oleh mobil pribadi dan sepeda motor.

Berdasarkan data dari Posko Dishub Kabupaten Demak, jumlah seluruh kendaraan yang melintas sebanyak 17.362 unit dengan rincian sepeda motor 8168 unit, mobil pribadi 8092 unit, bus besar 106 unit, bus sedang 210 unit, bus kecil 416 unit, dan mobil barang 370 unit.

Pengawasan Pengendalian Operasional Bidang Lalu Lintas (Wasdalops) Dishub Kabupaten Demak, Sunoto, mengatakan untuk memperlancar arus balik Lebaran, Dishub Kabupaten Demak memperpanjang waktu lampu hijau traffic light dari arah Kudus menuju Semarang.

Pengaturan dilakukan di ruang pantau CCTV Dishub Kabupaten Demak.

"Jadi ketika kami melihat ada penumpukan kendaraan dari arah Kudus, kita menambah waktu untuk lampu hijau Traffic Light menuju Semarang," ucap Sunoto, Minggu (9/6/2019).

Selain itu, Dishub Kabupaten Demak melakukan penutupan bukaan median jalan di sejumlah titik untuk memperlancar arus lalu lintas dan menekan angka kecelakaan.

Kasatlantas Polres Demak, AKP Eko Rubiyanto mengimbau kepada pengguna jalan agar hati-hati dan tidak memaksakan diri ketika kondisi fisik melemah maupun mengantuk.

"Apabila mengantuk, kami mengimbau pengguna jalan untuk beristirahat di rest area yang telah tersedia di beberapa titik jalur Pantura Demak maupun di SPBU yang menyediakan tempat istirahat," ucapnya. (agi)

Penulis: Alaqsha Gilang Imantara
Editor: suharno
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved