Pemkab Pekalongan Akan Bangun RSUD di Kecamatan Kesesi

Pada tahun 2019 ini, Puskesmas Kesesi akan mulai dibangun menjadi Rintisan RSUD yang direncanakan akan selesai dibangun pada akhir tahun ini

Pemkab Pekalongan Akan Bangun RSUD di Kecamatan Kesesi
Tribunjateng.com/Indra Dwi Purnomo
Puskesmas Kesesi 1 yang akan di jadikan RSUD Kesesi, Kabupaten Pekalongan, Jawa Tengah. 

TRIBUNJATENG.COM, KAJEN - Pemerintah Kabupaten Pekalongan melalui Dinas Kesehatan serius akan membangun Rumah Sakit Umum Daerah atau RSUD di kawasan Barat tepatnya di Kecamatan Kesesi.

Pada tahun 2019 ini, Puskesmas Kesesi akan mulai dibangun menjadi Rintisan RSUD yang direncanakan akan selesai dibangun pada akhir tahun ini.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupeten Pekalongan Setiawan Dwi Antoro mengatakan Rumah Sakit Umum Daerah atau RSUD Kesesi akan selesai di bangun akhir tahun 2019.

Sehingga pada awal tahun 2020 Rumah Sakit tersebut sudah mulai bisa operasional.

"Total area RSUD Kesesi adalah 7.280 meter persegi. Pada, tahap pertama akan dibangun area seluas 1.100 meter persegi dengan bangunan dua lantai yang dipergunakan untuk UGD dan poli. Rumah Sakit ini akan kita bangun secara bertahap," kata Kepala Dinas Kesehatan Kabupeten Pekalongan Setiawan Dwi Antoro saat ditemui Tribunjateng.com di kantornya, Rabu (26/06/2019).

Saat ini, Pemkab sedang melakukan peralihan dengan alih status dari Puskesmas 1 Kesesi menjadi Rintisan Rumah Sakit Umum Daerah atau RSUD Kesesi.

"Untuk tahap awal kita akan buat Rumah Sakit Tipe D dulu nantinya akan kita tingkatkan fasilitas dan sarananya sehingga nantinya statusnya akan meningkat," ujarnya.

Menurut Setiawan pembangunan RSUD Kesesi sendiri untuk menjawab tuntutan warga akan kebutuhan layanan kesehatan di daerah Barat Kota Santri.

"Dengan adanya RSUD Kesesi maka Pemkab Pekalongan mempunyai tiga RSUD, diantaranya dua Rumah Sakit milik pemerintah yakni RSUD Kraton dan RSUD Kajen dan satu RS swasta yakni RSI PKU Muhamadiyah Pekajangan. kemudian, dengan adanya tambahan RSUD Kesesi diharapkan akan menjawab tuntutan kebutuhan masyarakat akan adanya fasilitas kesehatan di wilayah barat Kota Santri," imbuhnya. (Dro)

Penulis: Indra Dwi Purnomo
Editor: muslimah
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved