199 Jabatan Kepala Desa di Kabupaten Kendal Kosong Pada Akhir 2019

Pada akhir tahun 2019, sebanyak 199 jabatan Kepala Desa di Kabupaten Kendal mengalami kekosongan.

TRIBUNJATENG.COM, KENDAL - Pada akhir tahun 2019, sebanyak 199 jabatan Kepala Desa di Kabupaten Kendal mengalami kekosongan.

Jabatan Kepala Desa itu kosong karena masa jabatan kepala desa tersebut habis pada bulan September hingga bulan Desember.

Kepala Bagian Pemerintahan Setda Kendal, Anwar Haryono mengatakan bahwa sebgaian besar jabatan Kepala Desa itu akan habis pada bulan September.

Setidaknya ada 117 Desa yang masa jabatan Kepala Desanya habis pada bulan September.

"Sedangkan pada bulan Oktober ada satu desa yang masa jabatan Kepala Desanya habis, Bulan November ada tujuh desa, dan bulan Desember ada 74 desa," katanya, Jumat (12/7).

Ia mengatakan untuk pemenuhan jabatan tersebut akan dilakukan Pemilihan Kepala Desa. Pemilihan ini akan dilakukan pada 18 Maret tahun 2020.

Selama itu jabatan desa akan diisi oleh ASN lingkungan Pemkab Kendal untuk menjabat sebagai Penanggung Jawab Jabatan Kepala Desa.

"Namun jadwal itu bisa diperpanjang hingga tanggal 1 April jika calon yang mengajukan hanya satu.

Karena sesuai dengan Permendagri Nomor 112 Tahun 2014 tentang Pilkades minimal ada dua calon yang mengajukan," tuturnya.

Menurutnya tahapan awal pilkades dimulai pembentukan Panitia Pemilihan Kepala Desa (P2KD) oleh Badan Permusyawarahan Desa (BPD) pada tanggal 25 Oktober dan 7 November.

selanjutnya dilakukan pendataan dan pengesahan data pemilih yang dilakukan pada tanggal 13 Desember hingga 31 Januari.

"Pengumuman dan Pendaftaran Calon kepala desa akan dimulai pada tanggal 3 Februari hingga 13 Februari, dan penetapan calon dilakukan pada tanggal 13 Maret dan pemilihan pada tanggal 18 Maret," katanya

Ia mengatakan bahwa Pelaksanaan pilkades serentak dibiayai dari APBD Kendal 2020. Pihaknya mengusulkan anggaran sebesar Rp 11.978.514.000 untuk hajatan demokrasi tingkat desa itu. (dap)

Penulis: Dhian Adi Putranto
Editor: muh radlis
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved