Dampak Kemarau, Telaga Sigebyar Mangunan Kabupaten Pekalongan Mengering

Dampak kemarau, Telaga Sigebyar Mangunan di Desa Tlogohendro, Kecamatan Petungkriyono, Kabupaten Pekalongan, Jawa Tengah mengering

Dampak Kemarau, Telaga Sigebyar Mangunan Kabupaten Pekalongan Mengering
Tribunjateng.com/Indra Dwi Purnomo
Kondisi telaga si gebyar Mangunan yang mengering 

TRIBUNJATENG.COM, KAJEN - Dampak kemarau, Telaga Sigebyar Mangunan di Desa Tlogohendro, Kecamatan Petungkriyono, Kabupaten Pekalongan, Jawa Tengah mengering.

Pasalnya, debit mata air sebagai sumber air telaga menyusut drastis. Kondisi ini diperparah dengan adanya kebocoran di salah satu mata air, sehingga sumber air untuk telaga berkurang.

Kepala Desa Tlogohendro, Kecamatan Petungkriyono, Kaslam, membenarkan bahwa Telaga Sigebyar mengering sejak sepekan ini.

"Sudah satu minggu ini mengering. Sumber air sebenarnya masih besar tapi diambil untuk aliran pertanian, ditambah sumber air ada yang bocor," kata Kaslan kepada Tribunjateng.com, Kamis (1/8/2019).

Kaslam mengungkapkan telaga Sigebyar Mangunan mengering baru kali pertama ini terjadi. Pada musim kemarau tahun sebelumnya, debit air telaga menyusut tapi tidak sampai kering.

Sumber mata air di wilayah itu diprioritaskan untuk mengaliri lahan pertanian, sehingga pasokan air ke telaga berkurang.

"Baru tahun ini. Tahun sebelumnya debit turun tapi tidak kering. Diperkirakan, kondisi telaga akan kembali normal pada bulan Oktober 2019," ungkapnya.

Menurutnya, meskipun air telaga mengering wisata di lokasi tersebut masih tetap berjalan. Namun, jumlah pengunjungnya mengalami penurunan.

"Andalan wisata di sini kan telaga. Kondisi saat ini kering, sehingga pengunjung tidak bisa menikmati suasana telaga dengan naik perahu dan pada saat musim tanam gadu (musim tanam kemarau) petani di desanya bercocok tanam sayur-sayuran seperti wortel, kubis, dan kentang," jelasnya. (Dro)

Penulis: Indra Dwi Purnomo
Editor: muslimah
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved