BPJS Ketenagakerjaan Bekerjasama dengan Bank BTN Permudah Peserta Lakukan Klaim

Maka dari itu, perlu dilakukan monitoring dan evaluasi untuk mengatasi kendala serta permasalahan yang terjadi di lapangan

BPJS Ketenagakerjaan Bekerjasama dengan Bank BTN Permudah Peserta Lakukan Klaim
Tribunjateng.com/Desta Leila Kartika
Foto berlangsungnya kegiatan "product knowledge petugas service point office." Pada Sabtu (3/8/2019), di ruang aula Kantor BPJS Ketenagakerjaan jl. Pemuda Semarang. 

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Dalam rangka mengoptimalkan layanan klaim dan kepesertaan, BPJS Ketenagakerjaan bekerjasama dengan Bank BTN mengadakan kegiatan "product knowledge petugas service point office." Pada Sabtu (3/8/2019), di ruang aula Kantor BPJS Ketenagakerjaan jl. Pemuda Semarang.

Menurut Asisten Deputi Direktur Bidang Pelayanan BPJS Ketenagakerjaan Wilayah Jateng dan DIY, Wiwik Septi Herawati, kegiatan meningkatkan product knowledge petugas Service Point Officer (SPO) dirasa perlu, guna mendukung perluasan kepesertaan dan layanan BPJS Ketenagakerjaan.

Maka dari itu, perlu dilakukan monitoring dan evaluasi untuk mengatasi kendala serta permasalahan yang terjadi di lapangan.

"Kegiatan ini diikuti oleh CSO BTN Semarang, Purwodadi, dan Demak. Sedangkan peserta dari BPJS Ketenagakerjaan yaitu cabang Semarang Pemuda, Majapahit, Ungaran, dan Kudus. Jadi total jumlah peserta sekitar 105 orang," jelas Wiwik Septi Herawati, pada Tribunjateng.com, Sabtu (3/8/2019).

Adapun kegiatan tersebut, juga diikuti oleh Pimpinan cabang, kepala unit, dan CSO Bank BTN. Hal ini bertujuan supaya tidak hanya CSO saja yang paham, tapi pejabat tinggi pun memahami isu terkahir bagaimana perkembangan BPJS Ketenagakerjaan baik disektor layanan atau kepesertaan.

Pihaknya berharap melalui kegiatan ini, Bank BTN sebagai mitra perbankan sesuai dengan SPO bisa memberikan layanan terbaik bagi peserta dan calon peserta BPJS Ketenagakerjaan.

"Nantinya akan dijelaskan bagaimana kemudahan terlayani klaim di BPJS Ketenagakerjaan untuk mereka yang mengajukan klaim di Bank BTN. Seperti syarat, waktu yang diperlukan, iuran yang harus dibayar, manfaat, dan lain-lain, jangan sampai terjadi kesalahan," ungkapnya.

Tidak hanya Bank BTN, BPJS Ketenagakerjaan juga bekerjasama dengan Bank lain untuk memudahkan masyarakat ketika ingin melakukan klaim, di antaranya seperti Bank BRI, BNI, Mandiri, dan Bank BJB.

"Semua jumlah iuran sama karena sudah terintegrasi, selain itu kami juga memiliki Aplikasi bantu yang bisa melayani klaim, dan melakukan pendaftaran sehingga memudahkan masyarakat," ujarnya.

Sementara itu, Kepala BPJS Ketenagakerjaan Kantor Cabang Semarang Pemuda, Suwilwan Rachmat, atau biasa disapa Willy menambahkan, syarat pengajuan klaim yaitu peserta harus membawa kartu BPJS Ketenagakerjaan/jamsostek, KTP, surat pengelaman bekerja, KK, buku tabungan atas nama sendiri, dan mengisi formulir.

Proses klaim bisa diajukan secara manual atau online. Untuk manual cukup datang ke kantor BPJS Ketenagakerjaan, dengan membawa berkas yang disebutkan asli dan fotocopy.

"Peserta bisa mendaftar di alamat website www.antrianonline.bpjsketenagakerjaan.go.id, lalu mengisi data pribadi, memilih tanggal, lokasi kantor, dan jam berapa akan datang ke kantor untuk mengajukan klaim JHT, nanti akan mendapatkan kode booking," papar Willy.

Dijelaskan, sampai 30 juni 2019, jumlah perserta yang terdaftar di BPJS ketenagakerjaan Semarang Pemuda untuk sektor penerima upah 249.887 tenaga kerja, untuk sektor bukan penerima upah 34.805 tenaga kerja, dan utuk jasa konstruksi 87.639 tenaga kerja. (dta)

Penulis: Desta Leila Kartika
Editor: muslimah
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved