Intip Proses Pemotongan Hewan di RPH Banjarnegara, Sapi Ditembak Bius Sebelum Disembelih

Bupati Banjarnegara, Budhi Sarwono meninjau Rumah Pemotongan Hewan (RPH) Banjarnegara, timur jalur pasar Kota Banjarnegara, Selasa (6/8).

Intip Proses Pemotongan Hewan di RPH Banjarnegara, Sapi Ditembak Bius Sebelum Disembelih
ISTIMEWA
Bupati Banjarnegara Budhi Sarwono cek RPH Banjarnegara 

TRIBUNJATENG.COM, BANJARNEGARA - Bupati Banjarnegara, Budhi Sarwono meninjau Rumah Pemotongan Hewan (RPH) Banjarnegara, timur jalur pasar Kota Banjarnegara, Selasa (6/8).

Inspeksi mendadak (sidak) bupati ini untuk memastikan kebersihan RPH dan kesehatan hewan kurban yang pemotongannya terpusat di sana.

“Tujuan tinjauan saya kesini untuk melihat kesiapan dan kebersihan RPH, juga kesehatan hewan-hewan ternak yang disembelih di sana, terutama menjelang Idul Adha,” kata Budhi

Ia menilai, secara fisik bangunan, RPH tersebut sudah cukup baik kebersihannya. Tetapi bangunan dan fasilitasnya perlu dibenahi.

RPH Banjarnegara ini menjadi tempat pasokan daging di wilayah kota dan sekitarnya. Karena itu, menurut dia, daya tampung RPH untuk hewan sapi hidup dan kambing perlu ditingkatkan.

Dengan demikian, Pemkab dapat mengantisipasi fluktuasi harga daging sapi saat hari besar keagamaan, khususnya saat lebaran

drh. Agung, selaku dokter hewan yang bertugas RPH mengaku pihaknya selalu mengupayakan terjaganya kebersihan , serta antisipasi pencegahan penyakit.

Proses pemotongan hewan ternyata dibantu pistol bius sebelum disembelih oleh algojo. Ia mengungkapkan, sapi mulanya dari kandang lantas digiring melewati lorong menuju tempat penyembelihan. Sesampai di depan gerbang, sapi kurban ditembak dengan peluru bius.

"Sehingga ketika gerbang dibuka sapi sudah jatuh,” terangnya.

Petugas RPH, Manisoh, menambahkan, kekuatan obat bius efektif hanya bertahan 20 detik. Dengan waktu yang begitu singkat, eksekusi harus cepat dilakukan sebelum hewan sadar.

Halaman
12
Penulis: khoirul muzaki
Editor: galih permadi
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved