Legendaris, Jasa Membuka dan Membersihkan Kepala dan Kaki Sapi di Semarang

Mayoritas di antaranya bakal menyibukkan diri dengan rutinitas buka jasa membersihkan bagian kepala dan kaki hewan kurban.

saiful masum
Bayu Setiawan (45) menguliti sebuah kepala sapi di Kampung Bustaman Jalan MT Haryono Purwodinatan, Semarang Tengah, Jawa Tengah, Minggu (11/8/2019). 

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Sejumlah warga di Kampung Bustaman Jalan MT Haryono Purwodinatan, Semarang Tengah, Jawa Tengah mempunyai kebiasaan berbeda dalam memanfaatkan momentum Hari Raya Idul Fitri.

Mayoritas di antaranya bakal menyibukkan diri dengan rutinitas buka jasa membersihkan bagian kepala dan kaki hewan kurban. Satu di antaranya  Bayu Setiawan.

Saat ditemui Tribun Jateng, Laki-laki yang kerap disapa Bayu tersebut sedang asyik menguliti kepala sapi berukuran cukup besar.

Katanya, itu bakal menjadi kepala ke-5 yang berhasil ia bersihkan sejak pukul 10.00 pagi.

"Hari ini saya terima 9 paket. Tiap paketnya seperti biasa 1 kepala dan 4 kaki," jelasnya, Minggu (11/8/2019).

9 paket kepala yang diterima menurut Bayu sudah maksimal mengingat tenaga dan waktu yang hanya diperuntukkan 1 hati saja.

Adapun tiap 1 kepala bisa menghabiskan waktu pengerjaan hingga 1 jam tergantung besar kecilnya barang.

Dengan bantuan seorang istri dan 2 orang anak bertugas sebagai pembersih kaki, 9 paket yang ada bisa mereka rampungkan hingga waktu isya.

Meski ke-4 orang tersebut harus pindah ke rumah yang berjarak sekitar 200 meter dari tempat mangkal manakala waktu maghrib datang.

"Begitu belum selesai kita bawa pulang lanjutkan di rumah kita beri ancang waktu pengambilan bagi orang-orang," lanjutnya.

Laki-laki 45 tabun tersebut melanjutkan, dirinya tidaklah sendirian dalam menawarkan jasa. Setidaknya ada sekitar 7 kelompok sepanjang depan ruko-ruko tersebut.

Masing-masing dari mereka mematok harga yang tak jauh berbeda. Tiap jasa pembersihan paket kepala sapi besar dibanderol Rp 300 ribu sedangkan yang kecil Rp 250 ribu. Adapun untuk kepala kambing besar Rp 50 ribu dan yang kecil Rp 35 ribu.

Proses pembersihanpun sangat jelas dikerjakan di depan umum. Mulai dari pengerokan rambut atau kulit selepas direndem air hangat, penyesetan daging, hingga pencacahan (pecel-pecel) ke dalam beberapa item seperti lidah, mata, otak, cingur, hingga tulang lunak pun diberikan kembali dalam keadaan siap masak kepada konsumen.

Dalam 1 kepala sapi Bayu merata-ratakan dapat menghasilkan sekitar 2 kilogram daging dengan ninggal gigi sekaligus rahang.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jateng
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved