Ada 6 Pintu Masuk dan Exit Tol Solo-Yogya serta Tol Bawen-Yogya di Wilayah DIY

Tol Bawen-Yogya dan Tol Solo-Yogya, akan ada enam titik pintu masuk dan keluar atau entry-exit tol yang melintasi DIY.

Editor: m nur huda
skyscrapercity.com/Tribun Jogja
LUSTRASI Jalan Tol Bawen-Yogyakarta dan jalan Tol Solo-Yogyakarta 

TRIBUNJATENG.COM, YOGYA - Rencana pembangunan Tol Bawen-Yogya dan Tol Solo-Yogya, nantinya akan ada enam titik pintu masuk dan keluar atau entry-exit tol yang melintasi DIY dari jalur Manisrenggo hingga Trihanggo, Kabupaten Sleman.

Enam titik pintu masuk keluar ini dipilih salah satunya untuk pengembangan kawasan di wilayah DIY.

“Enam exit dan Entry tol yang dipilih ini adalah untuk pengembangan kawasan yang kemudian dicocokkan dengan jalan yang saat ini sudah ada atau existing,” jelasnya Kepala Dinas Pekerjaan Umum, Perumahan, Energi dan Sumber Daya Mineral (PUPESDM) DIY, Hananto Hadi Purnomo di kompleks Kepatihan atau komplek Kantor Gubernur DIY, Jalan Malioboro Kota Yogyakarta, Selasa (13/8/2019).

Dia menjelaskan, dari enam titik tersebut, pihaknya memperkirakan kawasan-kawasan yang akan dihubungkan dengan jalan tol tersebut.

Jalan Tol Bawen-Yogya dan Tol Solo-Yogya Terintegrasi dengan Candi Borobudur Magelang

Semisal, di Maguwoharjo, kawasan yang di sekitarnya akan dikembangkan sehingga intinya adalah pengembangan kawasan dengan memfasilitasi agar penduduk disekitarnya bisa memanfaatkan adanya jalan tol tersebut.

“Pemilihan ini berdasar pada kebutuhan daerah dan kriteria jarak antara pintu tol minimum,” ujarnya.

Jika jumlahnya menjadi enam, maka jumlah bertambah dari sebelumnya yang disebut pintu masuk dan keluar di wilayah Yogyakarta yang akan dilintasi jalur tol.

UPDATE Tol Bawen-Yogya, Sekda DIY : Pembangunan Tol Yogya-Borobudur Kemungkinan Tahun 2020

Dilansir Tribunjateng.com dari Tribunjogja.com, Pemda DIY memberikan lima alternatif pintu keluar (exit) untuk rencana pembangunan proyek tol Yogya-Solo.

Alternatif itu merupakan exit tol dari Yogya masuk ke wilayah Jawa Tengah, yakni Manisrenggo, Klaten.

Pembangunan exit tol ini pun wajib meminimalisasi dampak sosial di masyarakat.

Sekda DIY, Gatot Saptadi menjelaskan, lima alternatif exit tol dari Yogya menuju Manisrenggo ini masuk dalam segmen Trihanggo-Maniresnggo. Nantinya, semua exit tol menuju Manirenggo ini akan melalui kawasan Maguwoharjo.

Pemerintah Buka Peluang Investor Asing Garap Proyek Tol Solo-Yogyakarta

“Ada yang lewat stadion, ada yang masuk ke selatan Candi Sambisari baru ke utara, ada yang ke selatan Candi Kedulan. Ini artinya baru gambaran pintu keluar dari Yogya, kalau Manirenggo ke Solo itu nanti urusan Jateng,” urai Gatot kepada Tribun Jogja, Rabu (13/2/2019).

Gatot menjelaskan, untuk alternatif exit tol tersebut bervariasi struktur bangunannya. Ada yang berupa jalan elevated dan grounded. Hanya ada beberapa pertimbangan yang menyertai pemilihan lima alternatif exit tol ini.

Diantaranya, pihaknya juga memegang pesan Gubernur DIY, Sri Sultan HB X untuk memilih jalan yang tidak menimbulkan dampak sosial di masyarakat.

Halaman
123
Sumber: Tribun Jogja
Berita Populer
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved