Wujudkan Kota Lama Bebas Kendaraan, Pemkot Semarang Siapkan Kantong Parkir

Pemerintah Kota Semarang bertekad mewujudkan Kawasan Kota Lama Semarang menjadi kawasan bebas kendaraan bermotor

Wujudkan Kota Lama Bebas Kendaraan, Pemkot Semarang Siapkan Kantong Parkir
Tribun Jateng/Hermawan Handaka
Sejumlah anak terlihat asyik mengayuh sepeda dan ada yang naik becak pada hari pertama mereka masuk sekolah di kawasan kota lama Semarang, Jawa Tengah, Senin (15/7). 

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Pemerintah Kota Semarang bertekad mewujudkan Kawasan Kota Lama Semarang menjadi kawasan bebas kendaraan bermotor.

Guna mewujudkan hal tersebut, tentu saja ada beberapa hal yang perlu dipersiapkan.

Badan Pengelola Kawasan Kota Lama (BPK2L), Hevearita Gunaryanti Rahayu mengatakan, sebelum Kota Lama menjadi kawasan bebas kendaraan bermotor, hal paling mendesak untuk dipersiapkan yakni keberadaan kantong parkir.

Saat ini memang sudah ada beberapa kantong parkir, namun luasan kantong parkir dinilai belum dapat mewadahi seluruh kendaraan yang masuk ke Kota Lama.

"Kemarin Gubernur menghendaki Kota Lama bebas kendaraan bermotor. Pak Wali juga sudah memberikan arahan tersebut, tapi dengan catatan harus ada kantong parkir," tutur Ita, sapaan akrabnya, Senin (19/8/2019).

Sebelumnya, beberapa kantong parkir telah tersedia antara lain di Taman Kota Lama Jalan Letjen Suprapto, Jalan Sendowo, dan Branjangan Jalan Garuda.

Saat ini, Ita tengah mengupayakan beberapa gedung yang tidak terpakai untuk dapat dimanfaatkan sebagai gedung parkir, diantaranya gedung PT Damri di Jalan Mpu Tantular, lahan milik PTPN di Jalan Merak, dan gedung milik PGN.

"Pada prinsipnya tidak apa-apa dikelola sendiri, Pemkot tidak mengambil hak. Kami hanya minta kelonggaran para pemilik lahan yang tidak dipakai untuk bisa dimanfaatkan sebagai kantong parkir," ujarnya.

Diakui Ita, saat ini masih sulit mewujudkan Kota Lama bebas kendaraan. Meski demikian, dia yakin Kota Lama bisa dijadikan kawasan bebas kendaraan jika kantong parkir sudah memadai.

Rencananya, Ita juga akan mencoba menerapkan car free night atau malam bebas kendaraan jika kantong parkir sudah dapat menampung seluruh kendaraan yang masuk Kota Lama.

Halaman
12
Penulis: Eka Yulianti Fajlin
Editor: muslimah
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved