Breaking News:

HIMKI Ingin Pemerintah Bantu Program Restrukturisasi Mesin Industri Mebel

Setelah Kementerian Perindustrian mengucurkan anggaran untuk industri kecil sektor logam dan mesin, pengusaha furniture di Jawa Tengah berharap

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Setelah Kementerian Perindustrian mengucurkan anggaran untuk industri kecil sektor logam dan mesin, pengusaha furniture di Jawa Tengah berharap adanya uluran tangan dari pemerintah dalam wujud yang sama.

Program restrukturisasi mesin dengan wujud bantuan pemberian cashback bagi pelaku usaha juga diharapkan muncul di sektor mebel.

Wakil Ketua Umum Himpunan Industri Mebel dan Kerajinan Indonesia (HIMKI) Bidang Organisasi, Wiradadi Seoprayogo mengatakan, pihaknya telah memberikan usulan kepada pemerintah terkait besaran subsidi.

"Yaitu 30 persen jika mesin tersebut dibuat di dalam negeri dan 25 persen untuk pembelian mesin yang dibuat di luar negeri," terang Wiradadi saat dikonfirmasi, Selasa (27/8/2019).

Menurutnya, tanpa adanya program cashback maka akan sulit bagi pengusaha furniture melakukan peremajaam mesin, mengingat harganya yang tidak murah.

Ia memaparkan untuk satu mesin ukir CNC buatan Tiongkok saja dibandrol Rp1,3 miliar, dan harga tersebut paling murah dibanding produk buatan Eropa yang bisa mencapai dua hingga tiga kali lipat lebih mahal.

12 Perempuan Terpilih jadi Wakil Rakyat Kabupaten Pekalongan, Hindun Sebut Itu Luar Biasa

Sapto Diburu Polisi Sejak Februari 2019, Akhirnya Ditangkap Anggota Satresnarkoba Polres Purworejo

Polisi dan TNI Jadi Juri Lomba Pos Kamling di Desa Purwosari Kebumen

"Kiblatnya tidak perlu mesin eropa, tapi China saja sudah cukup.

Selain murah kualitasnya juga sekarang ini sudah bagus," imbuh Wiradadi yang juga menjabat Penasehat HIMKI Semarang Raya.

Hal yang sama diutarakan Ketua HIMKI Semarang Raya, Junias Hidajat.

Ia bahkan menyebut saat ini faktor penghambat perkembangan industri furniture di Indonesia salah satunya karena teknologi mesin.

"Era sekarang percapatan bisnis sangat dibutuhkan.

Mesin berteknologi canggih membantu dalam percepatan.

Halaman
12
Penulis: rival al manaf
Editor: muh radlis
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved