Breaking News:

Sempat Viral, Miniatur Monas di Pinggir Jalan Karanganyar Ini Digunakan Prewedding

Desa Tugu yang berada di Kecamatan Jumantono Kabupaten Karanganyar tampil dengan wajah baru, ada miniatur Monas atau Monumen Nasional.

Penulis: Agus Iswadi | Editor: suharno
TRIBUN JATENG/AGUS ISWADI
Miniatur Monas di Desa Tugu Kecamatan Jumantono Kabupaten Karanganyar. 

TRIBUNJATENG.COM, KARANGANYAR - Desa Tugu yang berada di Kecamatan Jumantono Kabupaten Karanganyar tampil dengan wajah baru, ada miniatur Monas atau Monumen Nasional.

Miniatur Monas yang memiliki tinggi 8 meter dan lebar 2,5 meter tersebut berdiri di sebelah timur Kantor Balai Desa Tugu Jumantono.

"Dulu Tugu itu tingginya cuma sekitar 4 meter. Sejak saya kecil, bangunan itu sudah ada. Karena sudah lama usang, kami sepakat merenovasinya. Kami terinspirasi dengan Tugu Monas," kata Sekretaris Desa Tugu, Sujoko Prihantoro kepada Tribunjateng.com.

Wakil Bupati Demak Apresiasi Pemilihan Kepala Desa di Bumiharjo Melalui Musyawarah

Ia menyampaikan, proses renovasi itu dimulai awal 2018 dan selesai pada pertengahan 2018. Renovasi tugu itu menghabiskan dana Rp 25 juta yang berasal dari Pendapatan Asli Daerah (PAD) 2018.

"Sejak viral banyak yang berfoto di situ. Saat bulan Ramadan kemarin, warga memanfaatkannya untuk ngabuburit. Sekitaran Balai Desa menjadi ramai," terangnya.

Selain miniatur Monas, muka depan Kantor Balai Desa Tugu juga dibuat layaknya Istana Negara.

"Depan balai desa juga pernah dipakai untuk foto prewedding," ungkap Sekdes Tugu.

Lebih lanjut Sujoko Prihantono menyampaikan, di Desa Tugu juga telah berdiri Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) yang diberi nama BUMDes Tugu.

BUMDes yang berdiri pada akhir 2017 itu kini telah mengelola beberapa unit usaha seperti persewaan kios dan persewaan molen.

"Ada 4 kios di depan Kantor Balai Desa. Sewanya pertahun Rp 2 juta. Itu kemarin kita lelang kepada masyarakat bagi yang ingin menggunakan sebagai tempat usaha," jelasnya.

Disnakerin Sebut Tingkat Pengangguran Terbuka di Kota Tegal Capai 9.800 Orang

Adapun bantuan sumur bor air bersih dari Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) yang letaknya berada di Balai Desa Tugu, rencananya akan diserahkan dan dikelola oleh BUMDes.

"Pipa saluran sudah terpasang, itu nanti dapat mencukupi sekitar 2.000 jiwa," paparnya. (Ais)

Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved