TMMD Cilacap

Kekeringan di Cilibang, Anggota Satgas TMMD Cilacap Manfaatkan Sumur Tua

Anggota Satgas TMMD Reguler 106 Kodim 0703 Cilacap, merespon aspirasi petani setempat dengan mulai membersihkan sumur dari sampah dan reruntuhan bangu

Kekeringan di Cilibang, Anggota Satgas TMMD Cilacap Manfaatkan Sumur Tua
IST
Anggota Satgas TMMD Reguler 106 Kodim 0703 Cilacap membersihkan sumur dari sampah dan reruntuhan bangunan, Minggu (20/10/2019). 

TRIBUNJATENG.COM, CILACAP - Upaya penggalian sumur tua di Desa Cilibang, Kecamatan Jeruklegi, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah, dalam upaya mengatasi krisis air pertanian di musim kemarau ini, akhirnya berhasil.

Anggota Satgas TMMD Reguler 106 Kodim 0703 Cilacap, merespon aspirasi petani setempat dengan mulai membersihkan sumur dari sampah dan reruntuhan bangunan sejak Minggu (20/10/2019).

“Kini sumur ini siap digunakan kembali oleh para petani untuk sekedar menyiram tanaman,” terang Sertu Mulyono, Kamis (24/10/2019).

Anggota Satgas TMMD Reguler 106 Kodim 0703 Cilacap, merespon aspirasi petani setempat dengan mulai membersihkan sumur dari sampah dan reruntuhan bangunan (20/10).
Anggota Satgas TMMD Reguler 106 Kodim 0703 Cilacap membersihkan sumur dari sampah dan reruntuhan bangunan, Minggu (20/10/2019). (IST)

Sementara dibenarkan Kepala Desa Cilibang, Purnomo Edy, SH, bahwa sumur yang digali memiliki debit air yang sangat baik dan dulunya sering digunakan warga desa setempat untuk memenuhi kebutuhan air bersih.

“Banyak sumur-sumur warga setempat yang sudah mengering akibat musim kemarau yang berkepanjangan. Ini merupakan salah satu solusi selain droping air bersih dari relawan,” ucapnya.

Selain menggali dan membersihkan sumur, Satgas TMMD bersama masyarakat juga membuat saluran irigasi menuju perkebunan terdekat, memanfaatkan aktivitas pengguna sumur. (Pendim Cilacap/Aan)

Editor: abduh imanulhaq
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved