TMMD Cilacap

TMMD Cilacap Segera Berakhir, Salah Satu Warga Cilibang Mengaku Kehilangan Anak

Jelang berakhirnya program pembangunan lintas sektoral melalui TMMD Reguler 106 Kodim 0703 Cilacap cerita mengharukan tersaji.

TMMD Cilacap Segera Berakhir, Salah Satu Warga Cilibang Mengaku Kehilangan Anak
IST
Rati, penduduk Dusun Kalirau RT. 04 RW. 02, Desa Cilibang, Kecamatan Jeruklegi, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah, mengaku sedih akan kehilangan beberapa anggota Satgas TMMD yang sudah dianggapnya sebagai anak. 

TRIBUNJATENG.COM, CILACAP - Jelang berakhirnya program pembangunan lintas sektoral melalui TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Reguler 106 yang diprakarsai Kodim 0703 Cilacap (31/10), cerita mengharukan tersaji.

Rati (79), salah satu penduduk Dusun Kalirau RT. 04 RW. 02, Desa Cilibang, Kecamatan Jeruklegi, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah, mengaku sedih akan kehilangan beberapa anggota Satgas TMMD yang sudah dianggapnya sebagai anak.

Ini disampaikannya kepada Kapten Infanteri Agus Wantoro, Perwira Seksi Teritorial Kodim di kediamannya, Senin (28/10/2019).

“Saya akan kehilangan Bapak-bapak Tentara yang sudah membuat baik desa kami. Banyak yang sudah seperti anak saya,” ucapnya.

Menenangkan sang nenek, Agus Wantoro mengusap bahunya dan mengatakan untuk bersabar.

Pasalnya, ada pertemuan pasti ada perpisahan, dan nantinya akan bertemu kembali jika ada kesempatan dan umur panjang.

Itulah sepenggal kisah humanis kedekatan antara TNI di tempat tugas dalam membangun infrastruktur di Cilibang. Inilah ciri khas pembangunan pemerintah yang disinergikan dengan TNI.

Dengan anggaran yang terbatas dan dengan sasaran fisik yang bervariasi, tentu pelibatan masyarakat sasarannya dan segenap potensi sumber daya alam yang tersedia, dapat memaksimalkan output pembangunan.

Pun dengan diwajibkannya ratusan anggota Satgas TMMD untuk tinggal dan beraktivitas di puluhan rumah-rumah penduduk selama 30 hari, akan lebih mempererat kemanunggalan TNI dengan masyarakat.

Mereka juga terbantu dari Uang Lauk Pauk (ULP) yang diserahkan masing-masing anggota Satgas untuk membantu perekonomian. (*)

Editor: abduh imanulhaq
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved