Manfaatkan Waktu, Bawaslu Kota Salatiga Akan Bentuk Kampung Anti Politik Uang

Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Salatiga berencana mendirikan kampung anti politik uang dan kampung pengawasan untuk memerangi praktik politik

Manfaatkan Waktu, Bawaslu Kota Salatiga Akan Bentuk Kampung Anti Politik Uang
TRIBUN JATENG/M NAFIUL HARIS
Ketua Bawaslu Kota Salatiga Agung Ari Mursito. 

TRIBUNJATENG.COM, SALATIGA - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Salatiga berencana mendirikan kampung anti politik uang dan kampung pengawasan untuk memerangi praktik politik uang.

Ketua Bawaslu Kota Salatiga Agung Ari Mursito mengatakan lantaran pada tahun depan tidak ada Pemilu di Salatiga, jadwal kegiatan pengawasan dimanfaatkan melakukan sosialisasi dan pendidikan politik.

"Salah satunya selain membentuk kampung anti politik uang dan kampung pengawasan, rencana juga akan membentuk sekolah kader pengawasan," terangnya kepada Tribunjateng.com, Jumat (1/11/2019)

Menurut Agung awal pembentukan kampung atau kader anti politik uang ini akan dimulai dengan pemberian sosialisasi minimal tiga kali guna melihat respon masyarakat setempat.

Dikatakannya Bawaslu Salatiga juga bakal menyiapkan sekolah kader pengawasan untuk kampung yang dijadikan pilot projek.

Kisah Pilu Rudiyoko, 27 Tahun Jadi Sopir Bus dalam Kota Hanya Bawa Pulang Rp 30 Ribu Tiap Hari

Selama sosialisasi kata dia, komisioner juga melakukan penilaian apakah warga bisa menerima atau ada peningkatan kesadaran moral anti politik uang dan potensi pengawasan partisipatif atau tidak.

"Intinya kampung pengawasan dan kampung anti politik uang ini untuk jangka panjang.

Tentu hasilnya belum bisa dilihat dalam waktu yang pendek," katanya

Ia menambahkan beberapa wilayah yang dipilih sebagai lokasi pendirian dan pembentukan kader anti politik uang diantaranya Dusun Kemiri, Kelurahan Salatiga. Kemudian kampung Ngronggo, Kelurahan Kumpulrejo dan kampung Gamol Kelurahan Dukuh.

Sedang untuk kampung pengawasan lanjutnya, ada di kampung Pancuran, Kelurahan Kutowinangun Lor, kampung Wiroyudan di Kelurahan Tingkir Tengah dan kampung Pulutan Kidul, Kelurahan Pulutan.

Halaman
12
Penulis: M Nafiul Haris
Editor: muh radlis
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved