Ki Beta Arda Pradana Peraih Juara Dalang Cilik Nasional Hibur Warga Batang di Hari Wayang Sedunia

Ki Beta Arda Pradana peraih juara Dalang Cilik Nasional 2019 tampil menghibur masyarakat dalam memperingati Hari Wayang Dunia,

Ki Beta Arda Pradana Peraih Juara Dalang Cilik Nasional Hibur Warga Batang di Hari Wayang Sedunia
dina indriani
Ki Beta Arda Pradana peraih juara Dalang Cilik Nasional 2019 tampil menghibur masyarakat dalam memperingati Hari Wayang Dunia, Kamis (7/11/2019) malam. 

TRIBUNJATENG.COM,BATANG -- Ki Beta Arda Pradana peraih juara Dalang Cilik Nasional 2019 tampil menghibur masyarakat dalam memperingati Hari Wayang Dunia, Kamis (7/11/2019) malam.

Dalang yang masih duduk di kelas 6 SDN 1 Wonotunggal itu mampu membius penikmat wayang kulit walau hanya tampil 1 jam.

Pasalnya pentas wayang kulit tersebut berkolaborasi dengan dua dalang yakni Ki Caswono Hadi dan Ki Ryatno dengan wayang goleknya.

Mereka mendalang dengan lakon Alap-Alap Sukesi.

"Selamat Hari Wayang Nasional dan hari Wayang sedunia, pentas ini merupakan nguri - uri budaya sekaligus nguripi budaya," ujar Bupati Batang Wihaji.

Wihaji mengatakaan Pemkab Batang sangat perhatian dengan seni budaya wayang dengan mengalokasikan dana untuk pembinaan bagi Pengurus Persatuan Pedalangan Indonesia (Pepadi).

"Saya sangat berterimakasih kepada Pepadi yang telah berhasil melahirkan dalang cilik yang mampu juara tingkat nasional," ujarnya.

Menurutnya, Ki Beta Arda Pradana satu di antara generasi penerus dalam melestarikan budaya warisan leluhur bangsa, dan sudah sepatutnya mendapat apresiasi tinggi.

Karena di tangan generasi peneruslah, budaya leluhur bisa terus bertahan dan diterima masyarakat.

"Saya harap disetiap peringatan dan perayaan hari ulang tahun Korpri atau hari besar lainya bisa mementaskan wayang kulit sebagai bagian melestarikan budaya," tuturnya.

Halaman
12
Penulis: dina indriani
Editor: Catur waskito Edy
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved