Breaking News:

Polres Brebes Musnahkan Ribuan Botol Miras Jelang Libur Natal dan Tahun Baru

Polres Brebes melakukan pemusnahan ribuan botol minuman keras berbagai jenis di halaman Mapolres Brebes, Kamis (19/12/2019).

Penulis: m zaenal arifin | Editor: rival al manaf

TRIBUNJATENG.COM, BREBES - Polres Brebes melakukan pemusnahan ribuan botol minuman keras berbagai jenis di halaman Mapolres Brebes, Kamis (19/12/2019).

Pemusnahan tersebut sebagai tanda dimulainya Operasi Lilin Candi 2019 dalam rangka pengamanan libur Natal dan Tahun Baru.

Pemusnahan ribuan botol miras tersebut dilakukan dengan cara dilindas menggunakan alat berat.

Miras-miras itu diperoleh dari hasil operasi penyakit masyarakat (Pekat) yang digelar jajaran Polres dan Polsek dalam kurun waktu Agustus-Desember 2019.

"Total miras yang dimusnahkan berjumlah 3.500 botol dari berbagai jenis dan merek, 1.500 liter miras jenis ciu, dan 700 liter miras jenis tuak," kata Wakapolres Brebes, Kompol M Faisal Perdana, usai pemusnahan.

Dikatakannya, selama ini miras menjadi sumber berbagai tindak kriminalitas yang terjadi di Kabupaten Brebes. Meski dilakukan operasi dan penyitaan setiap tahunnya, miras selalu muncul.

Oleh karenanya, Polres Brebes tak henti-hentinya melakukan operasi pekat dengan mendatangi warung-warung yang menjadi tempat penjualan miras.

Tujuannya, demi menciptakan kondusifitas wilayah dan memberikan rasa aman bagi masyarakat.

"Kami sita untuk mengantisipasi kejadian yang tidak diinginkan akibat menenggak miras. Terlebih pada momentum libur Natal dan Tahun Baru ini, sehingga diharapkan masyarakat bisa memanfaatkan liburan dengan nyaman dan aman," ujarnya.

Sementara untuk pengamanan libur Natal dan Tahun Baru, Polres Brebes akan mengerahkan 400 personel yang disebar ke berbagai titik.

Selain di pospol jalur mudik libur Natal dan Tahun Baru, personel juga akan ditempatkan ke berbagai titik keramaian dan objek wisata.

"Nanti dibantu personel dari Kodim Brebes, Satpol PP, Pramuka dan lainnya," imbuhnya.

Dalam kesempatan tersebut, selain pemusnahan miras juga dilakukan apel pasukan pengamanan libur Natal dan Tahun Baru.

Dalam apel tersebut, Asisten I Sekda Brebes, Athoilah mengatakan, kondusifitas daerah bukan hanya tanggungjawab TNI dan Polri saja. Tapi harus didukung bersama dari semua aspek.

"Upaya menjaga kondusifitas, di antaranya bagaimana memberantas tindakan yang di antaranya disebabkan oleh miras. Karena itu, Pemkab Brebes mendukung upaya yang dilakukan jajaran kepolisian," ucapnya. 

Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved