Breaking News:

BREAKING NEWS: Seorang Pendaki Gunung Sumbing Tewas Tertimpa Longsor di Jalur Watu Lawang Temanggung

Satu orang pendaki dari puncak Gunung Sumbing ditemukan tewas di sekitar area Watu Lawang, ‎di atas pos 4 via jalur Banaran, Tembarak, Temanggung

TRIBUNJATENG.COM, TEMANGGUNG - ‎Satu orang pendaki yang hendak turun dari puncak Gunung Sumbing ditemukan tewas di sekitar area Watu Lawang, ‎yang terletak di atas pos 4 via jalur Banaran, Kecamatan Tembarak, Kabupaten Temanggung, Senin (23/12/2019).

Mulanya, korban dilaporkan hilang oleh rekan sesama pendaki pada Minggu (22/12/2019) petang.

"Korban ditemukan tewas tertimbun longsor di area Watu Lawang pada sekitar pukul 07.00‎. Atas nama Yosi dari Semarang," ujar Kapolres Temanggung, AKBP Muhamad Ali, melalui Kasat Reskrim, AKP M Alfan Armin.

Dituturkannya, sehari sebelum korban ditemukan tewas, rekan korban melapor ke base camp (BC) Banaran bahwa seorang temannya belum kembali. Diperkirakan yang bersangkutan tersesat.

Kemungkinan, sambung dia, survivor tersebut tersesat‎.

"Laporan diterima pada Minggu sekitar pukul 18.00. Sebelumnya teman-teman survivor sudah berusaha mencari, namun karena cuaca buruk pencarian itu tak dilanjutkan, dan teman-teman korban melapor ke base camp Banaran," tuturnya.

Tak lama sesaui menerima laporan itu, lima personel dari ‎BC Banaran yang sedang melakukan perbaikan jalur bertemu dengan teman-teman survivor di pos 4.

"Para personel yang sedang melakukan perbaikan jalur bertemu dengan rekan-rekan survivor pada sekitar pukul 18.30," ucapnya.

‎Selanjutnya pada sekitar pukul 20.00, untuk membantu melakukan pencarian, diberangkatkan satu tim dengan kekuatan empat personel dari BC Banaran.

"Satu jam kemudian, atau sekitar pukul 21.00, tim ketiga berisi tujuh personel diberangkatkan guna melakukan penyisiran," imbuh dia.

‎"Namun, malam itu survivor belum berhasil ‎ditemukan," katanya.

Upaya pencarian dilanjutkan pada Senin (23/12) sekitar pukul 04.00, oleh tim gabungan.

"Upaya tim gabungan membuahkan hasil. Korban ditemukan pada sekitar pukul 07.00, namun sudah dalam kondisi tewas‎ terkena longsoran di area Watu Lawang," paparnya.

‎Usai ditemukan oleh tim gabungan, korban kemudian dievakuasi untuk kemudian dibawa turun. Jasad korban berhasil dibawa turun ke pos 4 oleh tim gabungan pada sekitar pukul 10.30.

"Selanjutnya jenazah korban dibawa ke RSUD Temanggung," tuturnya. (Laporan Wartawan Tribun Jateng, Yayan Isro' Roziki)

Penulis: yayan isro roziki
Editor: m nur huda
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved