Wakil Menteri Pertahanan Akan Hadiri Soft Launching Pembangunan TWS di Kota Salatiga

Pemerintah Kota (Pemkot) Salatiga memastikan Taman Wisata Sejarah Salatiga (TWSS) yang terletak di Kelurahan Bugel, Kecamatan Sidorejo, Kota Salatiga

Wakil Menteri Pertahanan Akan Hadiri Soft Launching Pembangunan TWS di Kota Salatiga
TRIBUN JATENG/M NAFIUL HARIS
Sejumlah anak-anak terlihat bermain di lokasi Taman Wisata Sejarah Salatiga (TWSS), Rabu (8/1/2020).TRIBUNJATENG.COM/M NAFIUL HARIS 

TRIBUNJATENG.COM, SALATIGA - Pemerintah Kota (Pemkot) Salatiga memastikan Taman Wisata Sejarah Salatiga (TWSS) yang terletak di Kelurahan Bugel, Kecamatan Sidorejo, Kota Salatiga siap dibangun pada Januari ini.

Sesuai rencana, pembangunan TWSS dengan luas lahan sekitar 4 hektare itu akan dilakukan langsung oleh Wakil Menteri Pertahanan (Wamenhan) RI Sakti Wahyu Trenggono.

PLT Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Salatiga Joko Haryono mengatakan saat ini dilokasi telah dipajang sejumlah alat-alat perang jaman kemerdekaan yang terdiri dari kapal perang KRI Matjan Tutul, pesawat terbang, meriam dan tank.

"Sebelumnya, alat-alat perang jaman dulu itu dikirim dari Jakarta dan disimpan di Kodim Salatiga.

Sekarang alat utama sistim pertahanan (alutsista) sudah berada di lokasi untuk dilaunching Wamenhan RI dan dimulai pembangunannya," terangnya kepada Tribunjateng.com, Rabu (8/1/2020).

Sering jadi Lokasi Balap Liar, Polisi Pasang Pita Kejut di Jalan Arteri Soekarno Hatta

Bupati Pekalongan Asip Kholbihi Sebut Sangat Sedikit ASN yang Pedomani Panca Prasetya Korpri

Tak Cuma Irigasi dan Air Baku, Bendungan Gondang Karanganyar Juga Akan Disulap jadi Destinasi Wisata

Selama 2019 Imigrasi Pati Tolak 57 Permohonan Paspor, Ini Alasannya

Joko berharap, dengan dibangunnya TWWS tersebut Kota Salatiga akan memiliki destinasi wisata sejarah yang bisa dijadikan daya tarik wisatawan datang ke Kota Hati Beriman.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Kota Salatiga Agung Hendratmiko menjelaskan pembangunan TWSS akan dilengkapi dengan museum sejarah pahlawan nasional asal Salatiga, yakni Komodor Yos Sudarso, Laksamana Adi Sucipto dan Brigjen Sudiarto.

"Rencananya, selain alutsista, diusulkan juga untuk ditambah replika bola dunia dan lapangan atau alun-alun, untuk mengganti pusat keramaian dari Lapangan Pancasila ke TWSS,"katanya

Ia menambahkan, lokasinya yang bersebelahan dengan jalan tol menuju Semarang dinilai sangat memungkinkan alutsista dan museum sejarah di TWSS dapat terlihat jelas dari jalan tol. (ris)

Penulis: M Nafiul Haris
Editor: muh radlis
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved