Stikes Telogorejo

Pentingnya Fisioterapi pada Lansia

Lansia sering kali mengalami gangguan dalam menjalani aktivitas sehari-hari akibat menurunnya kemampuan organ-organ pada tubunya.

IST
Ilustrasi Fisioterapi Lansia 

APA sih Fisioterapi Itu? Mungkin kalian baru mendengar kata “Fisioterapi” atau yang sering kalian dengar Fisioterapi itu seperti tukang pijat. Jadi,Fisioterapi itu bukan seperti apa yang kalian pikirkan.

Fisioterapi merupakan salah bentuk pelayanan kesehatan yang ditujukan kepada individu dan/atau kelompok untuk mengembangkan, memelihara dan memulihkan gerak dan fungsi tubuh sepanjang rentang kehidupan dengan menggunakan penanganan secara manual, peningkatan gerak, peralatan (fisik, elektroterapeutis dan mekanis) pelatihan fungsi, komunikasi.

Fisioterapi menangani individu disegala usia mulai dari bayi yang baru lahir hingga lansia.

Nah, kali ini akan dibahas apa sih manfaat Fisioterapi pada lansia? Lansia adalah seorang yang telah berusia 60 tahun ke atas.

Seiring bertambahnya usia mengakibatkan penurunan fungsi dan kekuatan tubuh seseorang.

Lansia sering kali mengalami gangguan dalam menjalani aktivitas sehari-hari akibat menurunnya kemampuan organ-organ pada tubunya.

Hal ini mengakibatkan lansia rentan terkena penyakit, atau mengalami cedera.

Salah satu masalah umum yang sering terjadi pada lansia adalah penurunan keseimbangan yang dapat meningkatkan resiko jatuh.

Gangguan keseimbangan yang sering terjadi pada lansia adalah keseimbangan dinamis.

Pada lansia untuk mepertahankan kestabilan posisi tubuh paling sederhana saja seperti duduk ke berdiri dapat menjadi masalah yang sulit.

Halaman
1234
Editor: abduh imanulhaq
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved