Berita Banyumas

Cegah Virus Corona Masuk, Pemkab Banyumas Tempatkan Petugas Screening di 4 Titik Pintu Kedatangan

Menurut Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Banyumas, Agus Nur Hadie petugas akan ditempatkan di pintu masuk menuju Banyumas

Tribun Jateng/Permata Putra Sejati
Titik pintu kedatangan kendaraan dari arah Purbalingga menuju Banyumas, pada Rabu (18/3/2020). 

TRIBUNBANYUMAS.COM, PURWOKERTO - Bupati Banyumas Achmad Husein memutuskan mulai Kamis (19/3/2020) akan ada petugas gabungan melakukan screening bagi penumpang bus dan kendaraan umum yang memiliki suhu tubuh tinggi.

Kebijakan tersebut sesuai dengan hasil rapat lintas sektor yang dilakukan oleh bupati pada Rabu (18/3/2020).

"Mulai besok, berdasarkan hasil rapat kami mengambil keputusan bahwa jalan masuk ke Banyumas akan kita screening.

Bus-bus semua penumpangnya akan kita cek suhunya dan kami minta riwayat asal perjalanan," ujar Bupati Banyumas, Achmad Husein kepada TribunBanyumas.com, melalui pesan singkat, Rabu (18/3/2020).

Kebijakan tersebut adalah sebagai upaya pencegahan penyebaran virus corona di Banyumas, yaitu dengan mengecek suhu badan penumpang bus dan kendaraan umum.

Petugas gabungan yang dilibatkan adalah dari Dinas Kesehatan, Satpol PP, Kepolisian dan TNI.

Menurut Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Banyumas, Agus Nur Hadie petugas akan ditempatkan di pintu masuk menuju Banyumas atau di wilayah perbatasan.

"Keempat titik screening pengecekan suhu tubuh adalah berada di perbatasan atau pintu kedatangan menuju Banyumas, yaitu di Kecamatan Lumbir, Tambak, Purbalingga dan Pekuncen," kata Agus.

Screening tersebut akan berlangsung selama dua minggu, yaitu selama masa Social Distancing yang dinyatakan oleh pemerintah. 

"Jika ditemukan penumpang yang memiliki suhu tubuh tinggi akan diserahkan kepada Dinas Kesehatan untuk diperiksa lebih lanjut," tambahnya.

Seperti di informasikan sebelumnya bahwa, Orang Dalam Pemantauan (ODP) oleh puskemas di Kabupaten berdasarkan update hingga saat ini ada sebanyak 195 orang. (TribunBanyumas/jti)

Penulis: Permata Putra Sejati
Editor: muslimah
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved