Berita Regional

Jadwal Imsak Hari Ini Yogyakarta, Jakarta, Surabaya, Medan, Ramadan Hari ke-4, Senin 27 April 2020

Berikut ini adalah jadwal Imsakiyah Ramadhan 2020 hari keempat, Senin (27/4/2020) untuk wilayah kota Yogyakarta, Jakarta, Surabaya, dan Medan.

Grafis Tribunnews.com/Ananda Bayu S
Ramadhan : Bolehkan Minum dan Makan Sahur setelah Imsak hingga Menuju Azan Subuh? 

TRIBUNJATENG.COM - Puasa Ramadhan menjelang hari keempat.

Berikut ini adalah jadwal Imsakiyah Ramadhan 2020 hari keempat, Senin (27/4/2020) untuk wilayah kota Yogyakarta, Jakarta, Surabaya, dan Medan.

Berpuasa di bulan Ramadan adalah kewajiban bagi setiap muslim, dan merupakan satu di antara amalan yang dicintai oleh Allah SWT.

Ini Alasan Nia Ramadhani Ogah Nambah Momongan Lagi: Enggak Bisa

Pasangan Ini Asyik Berlayar Keliling Dunia Sampai Tak Tahu Dunia Diguncang Virus Corona

Masa KLB Corona di Solo Diperpanjang, Ini Penjelasan Walikota Rudy

Sopir Travel Turunkan Wanita dari Jakarta Sesak Nafas di Pinggir Jalan di Purbalingga, Ini Faktanya

Menurut hadis riwayat (HR) Tirmidzi (616), dan Abu Dawud (1955), dijelaskan bahwa Rasulullah SAW bersabda: "Bertakwalah kepada Tuhanmu, tegakkan shalat lima waktumu, berpuasalah di bulanmu, tunaikanlah zakat hartamu, dan taatilah para pemimpinmu, niscaya kalian semua akan masuk dalam surga Tuhanmu.”

Dilansir Tribunjogja.com dari laman resmi Kementerian Agama Republik Indonesia, “Bertaqwalah kepada Tuhanmu”, maksudnya buatlah benteng pemisah antara dirimu dan murka Allah, dan takutlah kepada-Nya seakan-akan kamu melihat-Nya.

Kemudian, “tegakkan shalat lima waktumu” yaitu kewajiban vertikal kepada Allah SWT sebagai wujud syukur atas segala kebaikan-Nya dengan melaksanakan shalat lima waktu dengan baik dan benar.

Baik artinya niat beribadah karena Allah SWT dan khusyuk, sementara benar adalah memenuhi rukun dan syarat sah shalat.

Yang ketiga, “berpuasalah di bulanmu (Ramadan)”, yaitu kewajiban vertikal dan horizontal sebagai upaya penguatan tauhid dan kepedulian sosial. 

Selanjutnya, “tunaikanlah zakat harta-hartamu”, yaitu kewajiban harta dengan mengeluarkan zakat harta jika telah memenuhi kadar wajib zakat atau nishab.

Terakhir adalah  “dan taatilah para pemimpinmu”, yaitu kewajiban mentaati orang-orang yang mengurusi segala urusan manusia.

Halaman
123
Editor: galih permadi
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved