Breaking News:

Virus Corona Jateng

Jateng Dapat Tambahan 50 Ribu Reagen PCR untuk Tes Diagnosis Covid-19

Pemerintah Provinsi Jawa Tengah mendapatkan tambahan reagen untuk untuk memdeteksi virus corona dengan metode Polymerase Chain Reaction (PCR).

Penulis: mamdukh adi priyanto | Editor: galih permadi
ISTIMEWA
Gubernur Ganjar (kanan) melihat PCR kit berupa reagen yang digunakan untuk diagnosis corona. Alat bantuan pusat itu akan didistribusikan ke laboratorium pemeriksaan corona di Jateng 

TRIBUNJATENG.COM ,SEMARANG - Pemerintah Provinsi Jawa Tengah mendapatkan tambahan reagen untuk untuk memdeteksi virus corona dengan metode Polymerase Chain Reaction (PCR).

Bantuan ini tiba di Jateng, Minggu (26/4/2020) dan diterima langsung Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo di rumah dinasnya.

Artinya, minimnya PCR kit ini terpecahkan.

Update Corona di Tegal 26 April 2020 : 1 PDP Meninggal, Pulang dari Ngawi dan Purwokerto

Cara Jurgen Klopp Telikung Kylian Mbappe ke Liverpool dari PSG

Program Ini Talkshow Host Sule, Andre Taulany, dan Raffi Ahmad Pamit, Ini Penjelasan Net TV

Viral Akun Reemar Martin Artis Tik Tok Filipina Diserang Netizen +62, Sempat Hilang Di-Report

Reagen merupakan komponen penting dalam memeriksa spesimen swab Covid-19 melalui metode PCR.

"Persoalan yang selama ini muncul memang ini, reagen atau primer, yang paling utama. Kami mencarinya sulit, alhamdulillah negara bertindak cepat dengan mengimpor cukup banyak untuk dibagikan ke seluruh Indonesia," kata Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, melalui keterangan tertulis.

50.000 reagen yang diterima pemprov akan disebar ke laboratorium pemeriksaan spesimen swab di Jateng.

Puluhan ribu paket reagen yang diterima itu dibagikan ke enam laboratorium yang telah ditunjuk pemerintah sebagai tempat tes swab di Jateng.

Keenam laboratorium itu yakni laboratorium RSUP Kariadi Semarang, RSND Diponegoro Semarang, RSUD Wongsonegoro Semarang, Balai Besar Litbang Vektor dan Reservoir Penyakit (B2P2VRP) Salatiga, RSUD Moewardi dan Rumah Sakit UNS Surakarta.

Ia berharap pemeriksaan swab di Jateng tidak ada kendala teknis. Dan waktu yang ditempuh untuk mengetahui hasil leboh cepat sehingga tenaga medis dapat segera menentukan tindakan terhadap pasien.

"Mudah-mudahan dengan bantuan reagen ini, proses PCR di enam lokasi itu bisa dilakukan dengan cepat. Kalau PCR nya cukup, alatnya cukup dan tenaganya ada, maka seluruh tes swab di Jateng ini bisa cepat," ujarnya.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved