Berita Tegal

Pengadaan Satu Juta Masker di Tegal Kain Telah Penuhi Kuota

Pengadaan satu juta masker kain bagi warga Kabupaten Tegal sebagai alternatif mencegah penularan Covid-19, telah memenuhi kuota berdasarkan surat peme

Istimewa
Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Tegal, Hendadi Setiadji, foto bersama dengan pembuat makser kain dari Kabupaten Tegal. 

TRIBUNJATENG.COM, SLAWI - Pengadaan satu juta masker kain bagi warga Kabupaten Tegal sebagai alternatif mencegah penularan Covid-19, telah memenuhi kuota berdasarkan surat pemesanan yang telah dikeluarkan instansi teknis kepada para penyedia barang.

Informasi ini disampaikan Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Tegal, Hendadi Setiadji, di ruang kerjanya Senin (27/4/2020) pagi.

Sebelumnya, Hendadi menerangkan, Kabupaten Tegal memiliki tingkat risiko penularan Covid-19 yang tinggi. 

Hal ini dibuktikan dengan terus bertambahnya jumlah kasus terkonfirmasi positif yang sampai dengan hari ini mencapai 12 orang, dengan rincian satu orang sembuh, dua orang meninggal dan sembilan masih dalam perawatan. 

“Jumlah kasus terkonfirmasi positif terus bertambah, dimana 11 dari 12 pasien positif Corona merupakan transmisi dari luar Kabupaten Tegal.

Sehingga gelombang mudik warga Kabupaten Tegal yang akan pulang kampung nanti harus kami antisipasi sedari dini sebagai potensi besar penularan Covid-19,” ungkap Hendadi, dalam rilis yang diterima Tribunjateng.com, Senin (27/4/2020). 

Lebih lanjut, Hendadi mengutarakan, keterbatasan jumlah tenaga medis dan risiko mereka terpapar Covid-19 yang cukup tinggi, maka harus diimbangi dengan upaya cepat dan masif untuk mencegah penularan di masyarakat. 

Sehingga dari sisi epidemiologi, selain menerapkan social ataupun physical distancing dan pola hidup bersih dan sehat, upaya lain yang direkomendasikan baik oleh pemerintah maupun organisasi kesehatan dunia WHO, adalah dengan menggunakan masker.

Namun, di tengah keterbatasan masker dengan standar kesehatan yang memadai, keberadaan masker kain minimal dua lapis bisa menjadi alternatif.

Seruan penggunaan masker kain saat ke luar rumah pun sudah seringkali Bupati Tegal sampaikan ke publik. 

Halaman
123
Penulis: Desta Leila Kartika
Editor: m nur huda
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved