Stikes Telogorejo

Bolehkah Konsumsi Jahe Setiap Hari? Apa Efek Samping Konsumsi Jahe Berlebihan?

Jahe merupakan tanaman herbal kaya manfaat. Jahe terbukti mampu meningkatkan kekebalan tubuh dan mencegah berbagai penyakit. Jahe biasa dikonsumsi se

IST
Ilustrasi minuman jahe 

Oleh: Maya Cobalt Angio S.

JAHE merupakan tanaman herbal kaya manfaat. Jahe terbukti mampu meningkatkan kekebalan tubuh dan mencegah berbagai penyakit. Jahe biasa dikonsumsi sebagai minuman, suplemen, dan penyedap makanan.

Di tengah merebaknya virus covid-19, konsumsi jahe semakin meningkat. Manfaat jahe untuk mencegah infeksi virus ini menjadikan banyak orang lebih sering mengonsumsi jahe.

Bahkan harga jahe sempat meningkat di pasaran, sejak merebaknya kasus virus corona. Hal ini membuat tak jarang orang mengonsumsi jahe secara berlebihan.

Namun, ternyata konsumsi jahe juga tidak boleh berlebihan. Konsumsi jahe yang berlebihan justru akan menimbulkan beberapa efeksamping. Selain itu, bagi orang dengan kondisi kesehatan dan mengonsumsi obat-obatan tertentu, jahe tidak boleh dikonsumsi sembarangan.

Konsumsi jahe yang dianjurkan adalah tidak lebih dari 4gram per hari dan tidak lebih dari 1 gram setiap hari untuk wanita hamil. Konsumsi jahe lebih dari 4 gram per hari dapat menimbulkan sejumlah efek samping.

Berikut efek samping konsumsi jahe berlebih:

1) Heartburn

Jahe jika dikonsumsi dalam dosis yang lebih tinggi (lebih dari 4 gram per hari), dapat menyebabkan heartburn. Heartburn adalah perasaan panas dan terbakar di dada atau tenggorokan. Kondisi ini terjadi karena asam lambung kembali ke kerongkongan

2) Kembung

Halaman
123
Editor: abduh imanulhaq
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved