Breaking News:

Ramadhan 2020

Harga Daging Ayam Makin Mahal Usai Lebaran

Pasca-lebaran, harga daging ayam di sejumlah pasar tradisional di Kota Semarang masih terpantau tinggi.

Tribun Jateng/Agus Iswadi
Suyati, pedagang daging ayam di Pasar Tawangmangu Karanganyar. 

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG -- Pasca-lebaran, harga daging ayam di sejumlah pasar tradisional di Kota Semarang masih terpantau tinggi.

Berdasarkan data yang dihimpun dari situs Sistem Informasi Harga dan Produksi Komoditi Jawa Tengah (SiHati), harga daging ayam sudah mulai mengalami peningkatan sejak Rabu (13/5), lalu yakni di angka Rp 35.800/Kg, dan hingga kini mencapai Rp 40.400/Kg.

Sri, satu di antara penjual daging ayam di Pasar Bandarjo Ungaran, mengatakan, harga daging ayam sudah berangsur-angsur mengalami peningkatan sejak Ramadan lalu.

“Harga daging ayam di kios saya pada pertengahan puasa sempat Rp 35 ribu/Kg, kemudian beberapa hari menjelang Lebaran sempat di angka Rp 40 ribu/Kg. Sementara hari ini (Rabu-Red) sudah turun menjadi Rp 38 ribu/Kg,” katanya, kepada Tribun Jateng, Rabu (27/5).

Sri pun memaklumi peningkatan harga yang terjadi itu sejak Ramadan hingga Lebaran, karena pada momen itu permintaan masyarakat sangat tinggi sehingga menyebabkan adanya lonjakan.

“Kalau menurut saya, harga daging ayam akan terus segini sampai nanti perayaan kupatan (tradisi masyarakat Jawa pada hari ke-8 setelah Lebaran),” jelasnya.

Di Pasar Bulu Semarang, harga daging ayam juga mengalami peningkatan sejak Ramadan lalu. Hal itu diungkapkan Minten, satu pedagang daging ayam di Pasar Bulu.

“Harga ayam di Pasar Bulu sudah mulai tinggi sejak Ramadan lalu. Di awal Ramadan, harga masih di angka Rp 27 ribu-Rp 28 ribu per Kg, mendekati lebaran makin naik. Satu hari sebelum Lebaran kemarin sempat Rp 38 ribu/Kg, dan hari ini justru Rp 40 ribu/Kg,” jelasnya.

Meski harga daging ayam mengalami peningkatan, Minten menuturkan, daya beli masyarakat tetap stabil, mengingat adanya kebutuhan masyarakat akan komoditas itu saat lebaran.

Ia memperkirakan, tidak lama lagi harga daging ayam akan kembali normal. “Biasanya kalau melihat tahun-tahun lalu, setelah Lebaran tidak lama harga daging ayam akan turun dan stabil lagi,” ucapnya. (ute)

UPDATE Pilkada Solo 2020: Rudy Belum Bahas Pengunduran Wakil Wali Kota Solo Achmad Purnomo

UPDATE CORONA SRAGEN: Satu OTG Klaster Gowa di Sragen Sembuh Covid-19, Satu PDP Meninggal Dunia

Inilah 4 Sosok Berpeluang Maju Pilpres 2024. Yunarto Wijaya: Biasanya Muncul Sosok Tak Terduga

Liga Inggris Kembali Akan Digelar Mulai 17 Juni 2020, Laga Manchester City vs Arsenal Jadi Pembuka

Editor: Catur waskito Edy
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved