Breaking News:

Ngopi Pagi

FOKUS : Pilkada (Serentak) Formalitas

TERTUNDA tiga bulan, tahapan penyelenggaraan Pilkada Serentak dimulai kembali pada 15 Juni 2020. Ditandai diaktifkannya kembali badan adhoc

Bram Kusuma
Deni Setiawan 

Oleh Deni Setiawan

 Wartawan Tribun Jateng

TERTUNDA tiga bulan, tahapan penyelenggaraan Pilkada Serentak dimulai kembali pada 15 Juni 2020. Ditandai diaktifkannya kembali badan adhoc, baik di tingkat KPU maupun Bawaslu.

Di hari itu juga, KPU memulai pemutakhiran DPS hingga ditetapkan menjadi DPT dimana bakal berlangsung hingga 6 Desember 2020.

Untuk pendaftaran bakal calon, terjadwal pada 4-6 September 2020. Hingga akhirnya ditetapkan menjadi pasangan calon (paslon) kepala daerah pada 23 September 2020.

Merujuk juga pada PKPU Nomor 5 Tahun 2020, kampanye paslon kepala daerah dilaksanakan pada 26 September hingga 5 Desember 2020. Ada tiga fase pada masa kampanye para paslon itu.

Pertama mulai dari pertemuan terbatas, tatap muka, dialog, hingga penyebaran atau pemasangan bahan kampanye, termasuk alat peraga.
Kedua, berbentuk debat publik antarpasangan calon dan ketiga, kampanye melalui media massa mulai 22 November.

Seusai masa tenang dan pembersihan alat peraga, pesta demokrasi lima tahunan itu memasuki puncaknya yakni pemungutan sekaligus penghitungan suara pada 9 Desember 2020.

Pada gelaran Pilkada Serentak kali ini gegap gempitanya bakal terasa canggung dilakukan. Terlebih bila masa pandemi virus corona ini tak kunjung berakhir.

Apalagi jika di sebagian daerah penyelenggara masih berstatus zona kuning atau merah Covid-19. Sebagai contoh di Jawa Tengah.

Halaman
123
Editor: Catur waskito Edy
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved