Berita Semarang

Jumlah Pemohon SIM di Kabupaten Semarang Menurun 70 Persen Karena Corona

Jumlah pemohon surat izin mengemudi (SIM) di Kabupaten Semarang menurun drastis. Hal itu disebabkan pandemi corona yang mewabah.

Tribun jateng/akbar hari mukti
Kasatlantas Polres Semarang AKP Sri Hasta Birowowati, ditemui di Mapolres Semarang, Selasa (30/6/2020). 

TRIBUNJATENG.COM, UNGARAN - Jumlah pemohon surat izin mengemudi (SIM) di Kabupaten Semarang menurun drastis. Hal itu disebabkan pandemi corona yang mewabah.

Kasatlantas Polres Semarang AKP Sri Hasta Birowowati, menjelaskan penurunan jumlah pemohon SIM baru maupun perpanjangan mengalami penurunan hingga 70 persen. 

"Karena ada kelonggaran masalah perpanjangan selama dua bulan ini, kami ada pembatasan. Sehingga penurunan mencapai 70 persen dari hari biasa," jelasnya ditemui di Mapolres Semarang, Selasa (30/6/2020) siang.

Ia menjelaskan, di hari biasa sebelum adanya wabah corona, pemohon SIM baru dan perpanjangan mencapai 50 pemohon. 

"Saat corona ini hanya 10-15 orang saja. Meski begitu selama sepekan terakhir terjadi kenaikan meski tak terlalu signifikan," jelasnya.

Ia pun menjelaskan hingga saat ini pihaknya tetap melakukan pelayanan seperti di hari-hari biasa.

Hanya saja pihaknya melakukan upaya protokol kesehatan di antaranya penyemprotan disinfektan, pengecekan suhu badan, masker, hingga cuci tangan.

"Kami juga terbantu adanya kendaraan sim keliling dari Ditlantas Polda Jateng untuk pelayanan ke masyarakat yang rumahnya jauh," jelasnya.

Ia menuturkan kendaraah sim keliling itu diintruksikan untuk memberikan pelayanan di daerah perbatasan. Di antaranya Sumowono, Ungaran, dan Getasan Kabupaten Semarang.

Wakapolres Semarang, Kompol Ruri Prastowo menambahkan saat ini program sim massal masih ada, tetapi belum dilaksanakan lagi saat masa pandemi corona.

"Sebab nantinya ditakutkan terjadi kerumunan. Artinya kesadaran masyarakat untuk melaksanakan protokol kesehatan juga belum maksimal penerapannya," paparnya. (Ahm)

Penulis: akbar hari mukti
Editor: m nur huda
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved