Breaking News:

HUT Bhayangkara

HUT BHAYANGKARA: Polres Salatiga Sediakan 25 SIM Gratis, Ini Persyaratannya

Ini (SIM gratis) merupakan program nasional. Tentu dengan syarat tertentu, sebagaimana pengurusan SIM pada umumnya. Tahun ini, kami sediakan 25 kuota

Kompas.com/Oik Yusuf
Ilustrasi - Surat Izin Mengemudi (SIM) 

TRIBUNJATENG.COM, SALATIGA -- Polres Salatiga memberikan 25 lembar Surat Izin Mengemudi (SIM) gratis bagi warga yang berulang tahun 1 Juli.

Program ini merupakan bagian dari perayaan Hari Ulang Tahun ke-74 Bhayangkara yang juga diperingati setiap 1 Juli.

"Ini (SIM gratis) merupakan program nasional. Tentu dengan syarat tertentu, sebagaimana pengurusan SIM pada umumnya. Tahun ini, kami sediakan 25 kuota bagi warga yang mendaftar," terang Kasat Lantas Polres Salatiga AKP Yuli Anggraini di Salatiga, Rabu (1/7).

Menurut AKP Yuli, pemberian SIM gratis itu meliputi beberapa kategori, di antaranya SIM jenis A untuk kendaraan roda empat dan SIM B, khusus roda dua.

Ia menambahkan, selain syarat tanggal lahir 1 Juli yang dibuktikan lewat identitas KTP, usia pemohon juga harus memenuhi ketentuan pasal 81 Undang-undang Nomor 22 Tahun 2018 tentang Lalu Lintas.

"Usia pemohon telah masuk 17 tahun, lulus uji teori dan praktik, sehat jasmani dan rohani. Selain itu, juga memiliki pengetahuan berlalu lintas di jalan raya dan kemampuan dasar mengendari kendaraan," katanya.

Seorang pemohon SIM C, Monegundis Valentio (17), warga Jalan Margosari 47 RT 04 RW 12, Kecamatan Sidorejo, Kota Salatiga, mengaku terkejut lantaran tak harus membayar proses pembuatan SIM. Informasi ini dia terima dari petugas setelah dia lulus mengikuti serangkaian tes.

"Saya terkejut sekali, baru pertama membuat SIM malah dapat gratis. Saya tidak tahu ada program ini, asal daftar dan mengajukan permohonan saja," ujar Valentino yang lahir 1 Juli itu. (ris)

Pemkab Banyumas Gelar Tes Swab Massal untuk ASN, Sadiyanto Targetkan Ambil 4.000 dalam 20 Hari

Bank Jateng Purwokerto Catat Laba Rp 61 Miliar Per Mei 2020

Hotline Semarang : Lubang Bekas Galian Pipa Gas Sebabkan Kecelakaan

FOKUS : Memaksa Normal di Sekolah

Penulis: akbar hari mukti
Editor: Catur waskito Edy
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved