Breaking News:

Berita Karanganyar

Pengunjung Asal Zona Merah Covid-19 Diminta Tidak Kunjungi Grojogan Sewu

Pemkab Karanganyar mengimbau supaya pengunjung asal zona merah covid-19 tidak mendatangi Grojogan Sewu Tawangmangu terlebih dahulu.

Penulis: Agus Iswadi | Editor: m nur huda
TRIBUNJATENG.COM/AGUS ISWADI
Pengunjung memadati kawasan wisata Air Terjun Grojogan Sewu, Tawangmangu, Karanganyar. 

TRIBUNJATENG.COM, KARANGANYAR - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Karanganyar mengimbau supaya pengunjung asal zona merah covid-19 tidak mendatangi Grojogan Sewu Tawangmangu terlebih dahulu.

Destinasi wisata alam Grojogan Sewu telah kembali beroperasi secara resmi pada Jumat (3/7/2020) kemarin.

Operasional kembali destinasi tersebut setelah adanya koordinasi antara pengelola, Pemkab dan pihak Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA).

Setidaknya sudah ada enam tahapan yang telah dilalui sebagai persyaratan izin pembukaan objek wisata tersebut.

Seperti kesiapan lapangan, koordinasi dengan para pihak, kesiapan administrasi, simulasi dan verifikasi, pengusulan reaktivasi dan persetujuan serta uji coba.

"Pengunjung dari zona merah (Covid-19) disarankan supaya tidak berkunjung. Itu untuk edukasi. Kalau zonanya masih merah jangan dolan-dolan (main ke Tawangmangu) dulu," katanya saat dihubungi Tribunjateng.com, Sabtu (4/7/2020).

Berbeda dengan pembatasan pengunjung Candi Cetho dan Sukuh yang meliputi Jateng-DIY sesuai aturan dari Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Jateng.

Lanjut Titis, berdasarkan hasil koordinasi dengan BKSDA Jateng, pengunjung asal zona merah covid-19, diminta menyertakan hasil rapid test atau tes cepat saat berkunjung.

Dia mengungkapkan, setelah mendapatkan izin operasional kembali, pengelola diminta tetap menerapkan protokol kesehatan.

Perwakilan rombongan pengunjung diminta menuliskan alamat asal sebelum memasuki kawasan wisata alam itu.

"Kalau ada apa-apa bisa terpantau dan terlacak. Pengunjung dibatasi jumlahnya 30 persen dari kondisi normal. Itu hitungan rata-rata," ungkap Titis.

Selama operasional, protokol kesehatan tetap diterapkan seperti pengecekan suhu tubuh, jaga jarak, cuci tangan serta mengenakan masker. (Ais)

Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved