Breaking News:

KKN Undip

Mahasiswi KKN Undip Ajarkan Cara Simpel Relaksasi kepada Warga Kelapa Gading Jakarta

Dari total 75 sampel responden yang mengisi kuesioner, 44 orang mengaku sangat sering mengalami stres, gugup hingga cemas.

IST
Mahasiswi Undip Ranti Yulianti melakukan sosialisasi terapi relaksasi guided imagery kepada warga Kelurahan Kelapa Gading Timur, Kecamatan Kelapa Gading, Jakarta Utara. 

TRIBUNJATENG.COM, JAKARTA - Mahasiswi KKN Undip asal Jakarta melakukan sosialisasi terapi relaksasi guided imagery kepada warga Kelurahan Kelapa Gading Timur, Kecamatan Kelapa Gading, Jakarta Utara.

Ranti Yulianti, mahasiswi Fakultas Psikologi, sebelumnya melakukan penyebaran kuesioner stres secara online dan menemukan hasil yang cukup mengejutkan.

Dari total 75 sampel responden yang mengisi kuesioner, 44 orang mengaku sangat sering mengalami stres, gugup hingga cemas yang tidak dapat mereka kendalikan.

“Yang namanya stres karena corona ya saya pribadi pasti pernah beberapa kali. Apalagi harus tetap ke kantor padahal yang positif terus meningkat. Warga sendiri memang enggak pernah mengeluh ke saya terkait stres tapi siapa yang tahu masalah apa yang mereka hadapi,” tutur Lurah Kelapa Gading Timur, Selamat Nugraha, sebagaimana disampaikan Ranti.

Tergerak atas keadaan ini terciptalah program sehat mental di tengah pandemi yang berusaha mencerdaskan warga tentang pengertian dari stres serta bahayanya.

Tidak hanya itu program ciptaan mahasiswa ini lengkap disertai dengan panduan tertulis dan audio terapi relaksasi guided imagery yang telah terbukti ampuh menurunkan gejala stres.

Atas saran dari Lurah setempat, program mahasiswa KKN ini diminta tidak hanya menyasar pada warga di perumahan Kelapa Gading Timur saja, namun juga pada para pedagang di Pasar Jaya Kelapa Gading.

“Sebenarnya yang membuat saya stres itu bukan coronanya. Tapi ngurus anak sama pemasukan jadi seret ini. Anak saya masih SD tapi disuruh belajar online padahal HP saya butut gini. Beli kuota juga uang darimana,” keluh salah satu pedagang telur di Pasar Jaya.

Program dilaksanakan dengan metode door-to-door agar informasi yang disampaikan mudah dipahami.

Sayang masyarakat kawasan Perumahan Kelapa Gading Timur sangat sulit ditemui dan cenderung kurang mengenal satu sama lain.

Sehingga alternatif lain yang dilakukan adalah dengan menempelkan spanduk di tempat-tempat yang sering dikunjungi masyarakat seperti Kantor RW 12, Kantor Kelurahan Kelapa Gading Timur, dan Pasar Jaya Kelapa Gading.

“Programnya sangat bagus. Saya harap dengan adanya program ini terapi tersebut bisa menjadi alternatif penurunan stres bagi masyarakat tanpa perlu keluar rumah,” tutur Zahid, Ketua RW 12.

Kepala P2KKN Undip, Fahmi Arifan menambahkan, di tengah pandemi Covid-19 ini, kegiatan KKN difokuskan pada pendampingan masyarakat untuk menghadapi pandemi.

“Harapannya, hasil pengetahuan mahasiswa yang selama ini dipelajari di kampus dapat diaplikasikan ke masyarakat,” kata Fahmi.(*)

Editor: abduh imanulhaq
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved