Breaking News:

KKN Undip

Mahasiswa Undip Bikin Formula Kumur Alami dari Daun Sirih dan Jeruk di Rembang

Mahasiswa KKN Universitas Diponegoro menyelenggarakan kegiatan Health Education kebersihan gigi-mulut dan cara membuat formula kumur alami dengan baha

IST
Proses pembuatan formula/obat kumur alami dari daun sirih dan jeruk nipis 

TRIBUNJATENG.COM, REMBANG - Mahasiswa KKN Universitas Diponegoro menyelenggarakan kegiatan Health Education kebersihan gigi-mulut dan cara membuat formula kumur alami dengan bahan yang mudah didapat dan murah meriah.

Yaitu Daun Sirih dan Jeruk Nipis sesuai dengan program SGD’s point 3 yaitu Good Health and Well Being.

Health Education mengenai Kebersihan Gigi-Mulut dan Penyampaian Formula Kumur Alami
Health Education mengenai Kebersihan Gigi-Mulut dan Penyampaian Formula Kumur Alami (IST)

Mahasiwa diterjunkan ke lapangan sejak 5 Juli 2020 Universitas untuk melakukan kegiatan Kuliah Kerja Nyata di daerah domisili masing-masing, hal tersebut dikarenakan masih berlanjutnya masa pandemik di Indonesia.

Kegiatan ini dilaksanakan karena kesadaran menjaga kebersihan Gigi dan Mulut pada anak-anak di desa Kemadu masih cukup rendah, maka dari itu dilakukan kegiatan Health Education tersebut dan sosialisasi mengenai formula kumur alami.

Menurut Mahasiwa KKN Undip, Nurunnisa Fajriaini, tidak banyak yang mengetahui bahwa Daun Sirih memiliki kandungan fenol dan minyak atsiri alami yang berfungsi sebagai antiseptic.

Sama halnya dengan Jeruk Nipis memiliki kandungan vitamin C dan minyak atsiri pada kulit jeruk yang bermanfaat untuk penyembuhan dan perbaikan jaringan Gingiva serta sebagai antibakteri.

“Percobaan pembuatan formula kumur alami ini dilaksanakan pada tanggal 18 Juli 2020,” kata Nurunnisa, Minggu (26/7/2020).

Keesokan harinya, kegiatan Health Education dilalaksanakan di salah satu rumah warga dengan peserta anak-anak di desa Kemadu RT/RW 01/07 berjumlah 6 orang.

Kegiatan penyampaian materi kesehatan gigi-mulut yaitu cara menyikat gigi yang baik dan benar, menonton video edukasi kesehatan gigi-mulut, penyampaian cara pembuatan formula kumur alami, pendemonstrasian sikat gigi yang baik dan mengaplikasikan hasil formula alami oleh salah satu peserta yang bernama Safia (6 tahun).

Kegiatan Pendidikan Kesehatan mengenai kebersihan gigi-mulut dan formula kumur alami dilakukan secara interakif melalui media berupa presentasi, pemutaran video, dan di simulasikan bersama-sama dengan anak-anak.

Halaman
123
Editor: abduh imanulhaq
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved