Breaking News:

KKN Undip

Mahasiswa Undip Buat Game Buat Anak SD, Bisa Belajar Sambil Bermain

Di era pandemi, pemerintah mengeluarkan kebijakan untuk sekolah agar pembelajar dilakukan melalui rumah secara daring.

IST
Muslim, mahasiswa KKN Tim 2 Undip membuat game untuk anak SD 

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Di era pandemi, pemerintah mengeluarkan kebijakan untuk sekolah agar pembelajar dilakukan melalui rumah secara daring.

Kegiatan belajar dari rumah mulai berlaku sejak 16 Maret 2020 sampai akhir tahun 2020.

Hal ini sesuai dengan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia terkait Surat Edaran Nomor 4 Tahun 2020 tentang Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan dalam Masa Darurat Penyebaran Corona Virus Disease (COVID-19).

“Pembelajaran secara daring tidak selalu mulus, selalu ada saja hambatan yang terjadi misalnya kuota internet yang terbatas,” kata mahasiswa KKN Tim 2 Undip, Muslim, Senin (27/7/2020).

Tidak hanya itu, pembelajaran secara daring terkesan lebih monoton, siswa hanya menatap perangkat elektrok secara terus - menerus.

Karena metode pembelajaran yang monoton membuat anak - anak gampang bosan.

Untuk mengurangi kebosanan pada anak - anak, Muslim, membuat game edukasi.

Game ini dibuat menggunakan bahasa pemograman javascript dan dapat dijalankan di semua perangkat yang terpasang peramban.

“Game yang dibuat dan disosialisasikan ke anak - anak sekolah dasar yang ada di RW 04 Kelurahan Bulusan, Kota Semarang,” kata Muslim.

Selain untuk mengurangi kebosanan, game ini juga mengajarkan bagaimana siswa dapat berpikir secara sistematis, mengingkatkan skill dalam penyelesaian masalah (problem solving) dan juga dapat meningkatkan konsentrasi anak - anak.

Halaman
12
Editor: abduh imanulhaq
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved