Breaking News:

KKN Undip

Mahasiswa KKN Undip Bikin Posyandu Remaja di Semarang, Apa Pentingnya?

Tim II UNDIP 2020 berinisiatif memberikan edukasi mengenai pentingnya pelayanan kesehatan untuk remaja di RW 02,

IST
Penyuluhan Mahasiswa KKN TIM II Undip 2020 di RW 02 Pedalangan, Banyumanik, Semarang 

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Sebagai bagian dari kegiatan pengabdian, mahasiswa KKN Tim II UNDIP 2020 berinisiatif memberikan edukasi mengenai pentingnya pelayanan kesehatan untuk remaja di RW 02, Kelurahan Pedalangan, Kecamatan Banyumanik, Kota Semarang.

Mahasiswa KKN Tim II UNDIP 2020, Khansa Hanun Augie mengatakan, keberadaan Posyandu Remaja di masa New Normal sangat penting guna menjaga dan meningkatkan imunitas saat masih pandemi.

Menurutnya, Kementerian Kesehatan Republik Indonesia melalui Rencana Strategis Tahun 2015-2019 tengah mengadakan pelayanan kesehatan yang berkelanjutan atau continumm-care.

Selama ini posyandu secara intensif hanya ditujukan untuk balita dan ibu hamil.

“Namun dalam imbauan Kemenkes ini mulai dijelaskan bahwa remaja juga memiliki permasalahan Kesehatan yang cukup kompleks, sehingga pelayanan Kesehatan untuk remaja berumur 10-18 tahun juga diperlukan,” katanya, Selasa (28/7/2020).

Penyuluhan Posyandu Remaja di Balai RW 02, Kelurahan Pedalangan, Banyumanik Kota Semarang, dihadiri kader posyandu dan perwakilan dari Karang Taruna Remaja RW 02.

Antusiasmee mulai terlihat ketika mahasiswa menjelaskan mengenai mengapa remaja memerlukan pelayanan kesehatan.

Hal ini dikarenakan kebanyakan dari peserta penyuluhan pernah memiliki anak yang menginjak masa remaja sehingga bisa memahami betapa kompleksnya perasaan dan perilaku remaja.

“Anggukan kepala tanda persetujuan mulai tampak ketika mahasiswa menjelaskan mengenai mekanisme serta prosedur dari pelaksanaan Posyandu Remaja yang tidak jauh beda dari pelaksanaan posyandu balita pada umumnya,” jelas mahasiswa Hubungan Internasional FISIP Undip ini.

Kepala P2KKN Undip, Fahmi Arifan menambahkan, di tengah pandemi Covid-19 ini, kegiatan KKN difokuskan pada pendampingan masyarakat untuk menghadapi pandemi.

“Harapannya, hasil pengetahuan mahasiswa yang selama ini dipelajari di kampus dapat diaplikasikan ke masyarakat,” kata Fahmi.(*)

Editor: abduh imanulhaq
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved