Breaking News:

KKN Undip

Potensi Maritim Membludak, Mahasiswa Undip Suarakan Gerakan Maksimalisasi Potensi Perikanan

Pandemi COVID-19 yang menyerang Indonesia berhasil melumpuhkan berbagai sektor di Indonesia, termasuk sektor ekonomi dan kesehatan.

IST
Program sosialisasi dilaksanakan oleh 5 orang mahasiswa KKN Tim II Undip di Kelurahan Pondok Kelapa, Kecamatan Duren Sawit, Jakarta Timur. 

TRIBUNJATENG.COM, JAKARTA - Pandemi COVID-19 yang menyerang Indonesia berhasil melumpuhkan berbagai sektor di Indonesia, termasuk sektor ekonomi dan kesehatan.

Vaksin Covid-19 yang masih dilakukan uji klinis saat ini, maka mengharuskan masyarakat tetap menjaga imunitas tubuh.

Selain menjaga kesehatan, masyarakat juga harus mengonsumsi makanan yang bergizi.

Potensi yang dimiliki oleh Indonesia dari sektor perikanan sangatlah besar, dilihat dari wilayah perairan yang mencapai 77% dari total luas wilayah.

Oleh karena itu, mahasiswa Tim II KKN Undip periode 2019/2020 melaksanakan program kerja Gerakan Hidup Sehat dan Pemberdayaan Ekonomi di Tengah Pandemi COVID-19 dalam Sektor Perikanan.

“Program sosialisasi dilaksanakan oleh 5 orang mahasiswa KKN Tim II Undip yang berlokasi di Kelurahan Pondok Kelapa, Kecamatan Duren Sawit, Jakarta Timur,” kata mahasiswa Tim II KKN Undip, Sarrah Nadhifah Azmy.

Sosialisasi dibuat berkelanjutan menyesuaikan fokus masing-masing program studi dengan output berbentuk brosur dan booklet. 

Pemaparan materi dari program kerja Gerakan Hidup Sehat dan Pemberdayaan Ekonomi di Tengah Pandemi COVID-19 dalam Sektor Perikanan mencakup pengenalan ikan segar dan ikan berformalin, teknik penyimpanan ikan yang baik, perbandingan kandungan gizi ikan dengan daging lainnya, dan diversifikasi serta inovasi produk hasil perikanan.

Program ini dihadiri oleh 7 orang peserta dari PKK Kelurahan Pondok Kelapa.

Tujuan diadakannya program kerja ini adalah untuk meningkatkan minat konsumsi ikan dan kemampuan masyarakat dalam mengelola produk perikanan.

Hal ini juga bertujuan untuk memaksimalkan pengelolaan potensi perikanan yang dimiliki oleh Indonesia.

Diharapkan setelah diadakannya sosialisasi, perwakilan Ibu PKK dari masing-masing RW dapat menyebarkan informasi yang didapat pada lingkup PKK RW sehingga masyarakat yang bermukim di Kelurahan Pondok Kelapa dapat memahami pentingnya mengonsumsi olahan perikanan dan bagaimana cara mengelolanya sehingga bisa diperjual belikan.

 Program kerja ini pun kemudian akan diadakan follow up dari pihak PKK Kelurahan Pondok Kelapa mengenai keberlanjutan hasil dari sosialisasi di tingkat PKK RW.

Kepala P2KKN Undip, Fahmi Arifan menambahkan, di tengah pandemi Covid-19 ini, kegiatan KKN difokuskan pada pendampingan masyarakat untuk menghadapi pandemi.

“Harapannya, hasil pengetahuan mahasiswa yang selama ini dipelajari di kampus dapat diaplikasikan ke masyarakat,” kata Fahmi.(*)

Editor: abduh imanulhaq
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved