Breaking News:

HUT Ke 75 RI

Naskah Asli Teks Proklamasi yang Ditulis Soekarno Akan Ditampilkan di Upacara Hari Ini

Naskah teks proklamasi yang ditulis oleh bapak proklamator Indonesia sekaligus Presiden RI pertama, Soekarno, akan ditampilkan dalam acara upacara per

TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN
Naskah konsep teks proklamasi ditunjukkan saat penyerahan sementara dokumen naskah konsep teks proklamasi dari ANRI ke Istana Negara di Gedung Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI), Jakarta, Minggu (16/8/2020). Dalam rangka memperingati HUT ke-75 Kemerdekaan RI, naskah konsep teks proklamasi tulisan Bung Karno yang disimpan di ANRI akan turut dihadirkan pada upacara peringatan detik-detik proklamasi kemerdekaan RI di Istana Merdeka pada 17 Agustus 2020. TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN 

TRIBUNJATENG.COM, JAKARTA - Naskah teks proklamasi yang ditulis oleh bapak proklamator Indonesia sekaligus Presiden RI pertama, Soekarno, akan ditampilkan dalam acara upacara peringatan Hari Kemerdekaan ke-75 RI di Istana Merdeka hari ini, Senin (17/9/2020).

Penyerahan dokumen (naskah teks proklamasi) dari Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) kepada Sekretariat Presiden dilakukan di Gedung O, ANRI, Jakarta Selatan, Minggu (16/8/2020).

"ANRI yang telah menyimpan, merawat, dan menyelamatkan arsip negara berupa tulisan tangan Bapak Ir. Soekarno mengenai pernyataan proklamasi pada saat ini diserahkan kepada kami, Sekretariat Presiden, untuk bersama-sama besok kita tampilkan di mimbar kehormatan," ujar Deputi Bidang Administrasi dan Pengelolaan Istana Sekretariat Presiden, Rika Kiswardani, dikutip dari Kompas.com, Senin (17/8/2020).

Di Denmark, Masih Jomblo Usia 25 Tahun Disiksa Diikat di Pinggir Jalan & Ditaburi Rempah

Terkini, Bantuan Karyawan Rp 600 Ribu Mulai Cair 25 Agustus, Sudah Ada 12 Juta Rekening

Motor Terbang Nyaris Kena Kepala Valentino Rossi di MotoGP Austria 2020, Hampir Jadi Hari Terburuk

Ribuan Pendaki Padati Pintu Masuk Jalur Pendakian Gunung Lawu, Kayak Antre Sembako

Viral Foto & Video Ribuan Pendaki Gunung Lawu Padati Pintu Cemoro Sewu, Ini Penjelasan Pengelola

Naskah teks proklamasi tersebut, rencananya akan diletakkan di mimbar kehormatan, yang terletak di halaman Istana Merdeka.

Setelah upacara berlangsung, dokumen akan dikembalikan kepada ANRI.

“Insya Allah tanggal 18 Agustus akan kami serahkan kembali untuk mendapatkan perawatan terbaik di ANRI,”

“Mudah-mudahan kita bisa jadi saksi dan pelaku sejarah karena peringatan hari ulang tahun kemerdekaan tahun ini berbeda,” imbuhnya.

Sebagai informasi, melansir wikipedia, naskah teks proklamasi atau Proklamasi Klad merupakan naskah asli tulisan tangan Ir. Soekarno serta merupakan hasil gubahan (karangan) oleh Drs. Mohammad Hatta dan Raden Achmad Soebardjo Djojoadisoerjo.

Setelah dirumuskan dan dibacakan di rumah orang Jepang, isi teks proklamasi pun disiarkan melalui radio Jepang.

Berikut isi proklamasi tersebut:

Halaman
123
Editor: m nur huda
Sumber: Tribunnews.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved