Breaking News:

UNS Surakarta

Grup Riset Prodi Pendidikan Geografi UNS Gelar Pengabdian Masyarakat bagi MGMP SMA di Sukoharjo

Pendidikan Geografi UNS dalam Grup Riset Geografi Terapan berupaya pengurangi resiko bencana salah satunya adalah melaksanakan Pengabdian

IST
Grup Riset Prodi Pendidikan Geografi UNS Gelar Pengabdian Masyarakat ke MGMP SMA di Sukoharjo 

TRIBUNJATENG.COM, SOLO - Grup Riset Geografi Terapan Program Studi (Prodi) Pendidikan Geografi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta melaksanakan kegiatan Pengabdian Masyarakat kepada guru-guru yang tergabung dalam MGMP Geografi SMA di Kabupaten Sukoharjo.

Karena masih dalam suasana pandemi Covid-19, pelaksanaan pengabdian dilakukan secara daring dengan menggunakan aplikasi Zoom pada 21- 23 Juli 2020.

Tema yang diangkat dalam pengabdian tersebut yaitu mengidentifikasi Persebaran Wilayah Rawan Bencana pada Materi Mitigasi Bencana Alam.

Ketua Pengabdian Masyarakat Grup Riset Geografi Terapan Prodi Pendidikan Geografi FKIP UNS, Dr. Yasin Yusup mengatakan, pendidikan mitigasi bencana alam pada era ini merupakan pendidikan yang sangat diperlukan dalam kehidupan.

Dengan adanya pendidikan mitigasi bencana diharapkan mampu mengurangi dampak dari resiko bencana di suatu wilayah mengingat di Indonesia memiliki beragam jenis bencana, baik bencana alam maupun sosial.

“Pendidikan Geografi UNS dalam Grup Riset Geografi Terapan berupaya pengurangi resiko bencana salah satunya adalah melaksanakan Pengabdian Masyarakat yang bekerja sama dengan MGMP Geografi SMA di Kabupaten Sukoharjo,” terang Dr. Yasin.

Dalam kegiatan Pengabdian Masyarakat ini, Grup Riset Geografi Terapan melaksanakan kegiatan pengenalan-pengenalan aplikasi bencana kepada guru MGMP Geografi, mengingat wilayah Kabupaten Sukoharjo merupakan wilayah rawan bencana.

“Aplikasi kebencanaan yang diperkenalkan kepada Bapak Ibu Guru MGMP Geografi SMA Kabupaten Sukoharjo seperti inaRISK Personal, MAGMA Indonesia, Info BMKG Pertolongan Pertama-IFRC. Pada kegiatan ini Grup Riset Geografi Terapan memperkenalkan beberapa aplikasi yang telah tersedia di aplikasi Play Store pada Android,” imbuhnya.

Melalui kegiatan ini, diharapkan dapat mengurangi resiko bencana dengan memasukkan pengenalan aplikasi bencana pada materi sekolah yang kemudian dapat diterapkan oleh peserta didik dan dapat disebarkan ke masyarakat.

“Selain itu, tujuan dari kegiatan ini yaitu supaya para siswa dapat menggunakan teknologi secara tepat guna, tidak hanya menggunakan teknologi untuk hiburan namun dapat menggunakan teknologi secara tepat sasaran,” ujar Dr. Yasin.

Ketua MGMP Geografi SMA Kabupaten Sukoharjo, Suraryo, S.Pd menyambut baik kegiatan ini.

“Semoga yang disampaikan oleh para dosen Pendidikan Geografi FKIP UNS bisa diaplikasikan dalam kegiatan pembelajaran,” pungkasnya. (*)

Editor: abduh imanulhaq
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved