Breaking News:

KKN Undip

Mahasiswa KKN Undip Kenalkan Budidaya Ikan di Lahan Sawah

Pada era pandemi Covid-19 KKN Tim II Universitas Diponegoro mengusung tema “Pemberdayaan Masyarakat Di Tengah Pandemi Covid-19.

IST
Pembagian modul antisipasi penyebaran Covid-19 kepada warga Desa Pringapus, Ngadirejo, Temanggung, Jawa Tengah. 

TRIBUNJATENG.COM, TEMANGGUNG - Mahasiswa Universitas Diponegoro melaksanakan KKN (Kuliah Kerja Nyata) sejak tanggal 5 Juli sampai 15 agustus 2020.

KKN Tim II Universitas Diponegoro 2020 terasa sangat berbeda dengan KKN di tahun sebelumnya.

Hal ini terjadi akibat adanya pandemi Covid-19 yang kini sedang mewabah di seluruh dunia tak terkecuali negara Indonesia sehingga pelaksanaan KKN harus dilakukan di kampung halaman masing-masing.

Pada era pandemi Covid-19 KKN Tim II Universitas Diponegoro mengusung tema “Pemberdayaan Masyarakat Di Tengah Pandemi Covid-19 Berbasis Pada Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs)”.

KKN Tim II Universitas Diponegoro ini mengharuskan setiap mahasiswa membuat dua program kerja di Desa Pringapus, Ngadirejo, Temanggung, Jawa Tengah.

Proses tebar benih ikan
Proses tebar benih ikan (IST)

Septina Fibriani mahasiswi Jurusan Manajemen Sumberdaya Perairan, Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan, membuat dua program kerja.

Masing-masing budidaya ikan di lahan sawah untuk meningkatkan produktivitas lahan dan meningkatkan perekonomian serta edukasi penyebaran dan pencegahan Covid-19 kepada masyarakat melalui pembuatan modul.

Program pertama yang dilakukan adalah budidaya ikan di lahan sawah untuk meningkatkan produktivitas lahan dan meningkatkan perekonomian.

Hal ini dilakukan karena kondisi wilayah Desa Pringapus yang sebagian besar merupakan lahan persawahan menyebabkan sedikitnya minat warga untuk melakukan budidaya ikan.

Melalui program yang dikenalkan oleh Septina Fibriani ini memberikan solusi bagi warga untuk melakukan budidaya meskipun di lahan persawahan.

Halaman
123
Editor: abduh imanulhaq
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved