Breaking News:

UIN Walisongo

Kerjasama dengan Bawaslu, UIN Walisongo Semarang Gelar Webinar Partisipasi Politik Lokal

Kolaborasi UIN Walisongo dan Bawaslu tentu tidak berhenti pada diskusi. UIN dan Bawaslu sudah koordinasi dan kerjasama dalam program ril sebelumnya.

IST
Webinar yang dilaksanakan antara UIN Walisongo Semarang dan Bawaslu Jateng, Selasa (25/8/2020). 

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG – UIN Walisongo Semarang bersama Badan Pengawasan Pemilu (Bawaslu) Jawa Tengah menggelar web seminar (Webinar) tentang "Dinamika dan Penguatan Partisipasi Politik Lokal".

Webinar yang diselenggarakan pada Selasa (25/8/2020) ini bagian dari skema timbal balik kerjasama kedua belah pihak.

Rektor UIN Walisongo, Prof. Dr. H. Imam Taufiq, M.Ag dalam pengarahannya mengatakan, webinar ini merupakan salah satu hasil kolaborasi antara kampus dan institusi penyelenggara pemilu.

Kolaborasi antar dua institusi, tidak hanya berhenti pada kegiatan seminar, namun dalam kegiatan praktek-praktek berkelanjutan .

“Kolaborasi UIN Walisongo dan Bawaslu tentu tidak berhenti pada diskusi. UIN dan Bawaslu sudah koordinasi dan kerjasama dalam program ril sebelumnya. Ke depan saya harap agar lebih variatif dan berdaya guna,” kata Rektor, dalam sambutannya.

Terkait dengan materi, guru besar ilmu tafsir ini menuturkan bahwa tema partispasi lokal cukup menarik.

Apalagi di Jateng, beberapa daerah akan menggelar pilkada serentak pada tahun ini.

Isu partisipasi lokal harus bisa dikemas dengan baik di masa pandemi ini, berikut isu-isu lain seperti isu calon tunggal, golput dan sebagainya.

“Isu calon tunggal juga mewarnai dinamika pilkada juga sudah mulai ada di beberapa kota. Lawannya kotak kosong. Ini menarik untuk melihat sejauh mana partisipasi politik pilkada ini menjadi daya magnet yang luar biasa atau tidak. Bahwa kor bisnik politik itu pemilu, maka partisipasi publik ini adalah urgen. Dan partisipasi publik ini yang akan mementukan kedaulatan rakyat atau tidak,” tambahnya.

Selain isu tersebut, rektor juga menyoroti isu teknis pemilu yang masih sulit.

Halaman
12
Editor: abduh imanulhaq
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved