Breaking News:

Berita Viral

Cerita Heroik Komandan Denjaka TNI AL Suhartono saat Operasi Pembebasan Kapal MV Sinar Kudus

Komandan Korps Marinir Mayjen TNI (Mar) Suhartono memberikan kesaksian saat dirinya ikut dalam operasi pembebasan kapal MV Sinar Kudus ditahun 2011.

Editor: m nur huda
Kolase Youtube Puspen TNI dan Istimewa/Tribun Pekanbaru
Komandan Korps Marinir Mayjen TNI (Mar) Suhartono yang ikut dalam operasi pembebasan MV Sinar Kudus 

TRIBUNJATENG.COM - Komandan Korps Marinir Mayjen TNI (Mar) Suhartono memberikan kesaksian saat dirinya ikut dalam operasi pembebasan kapal MV Sinar Kudus ditahun 2011.

Diketahui, kapal MV Sinar Kudus yang membawa 20 orang Anak Buah Kapal (ABK) Warga Negara Indonesia (WNI) dibajak oleh perompak Somalia pada 16 Maret 2011.

Melansir dari Wikipedia, operasi pembebasan ini melibatkan dua kapal fregat, satu kapal LPD dan satu helikopter, “sea riders” dan LCVP.

Janda Dibunuh Pasangan Seusai Bercinta 3 Kali di Kamar Hotel Gegara Sebut Gigi Drakula

Terpergok Berhubungan Seks di Halaman Rumah Tetangga, Pasangan Ini Malah Marahi Warga

Alasan Bertamu, Pria Ini Masuk Rumah dan Perkosa Istri Teman ygn Sedang Mandi

Baru Daftar KPU, Bajo Sesumbar Akan Ubah Kota Solo Dalam Sehari Setelah Dilantik

Personel yang dikerahkan terdiri atas pasukan khusus dari Kopassus (Satuan 81/Penanggulangan Teror), Korps Marinir (Denjaka) dan Kopaska.

Mayjen TNI (Mar) Suhartono yang saat itu baru menjabat sebagai Komandan satuan khusus penanggulangan teror aspek laut Detasemen Jala Mangkara (Denjaka), juga ikut dalam operasi tersebut.

Dalam tayangan Podcast Puspen TNI Episode 7 yang diunggah di kanal Youtube resmi Puspen TNI, Mayjen TNI (Mar) Suhartono memberikan kesaksian.

Berikut kesaksian Suhartono dilansir dari Tribunnews dalam artikel 'Cerita Komandan Korps Marinir Bebaskan ABK MV Sinar Kudus Dari Penyanderaan Perompak Somalia'

1. Ada 3 target utama

Suhartono mengaku langsung mengumpulkan para perwira di jajarannya untuk membuat perencanaan cepat terkait pembajakan tersebut.

Keesokan harinya ia bersama Komandan Korps Marinir TNI AL dipanggil menghadap Kepala Staf Angkatan Laut.

Di sana ia diperintahkan untuk segera menyiapkan pasukan yang akan ditugaskan membebaskan para ABK yang disandera perompak Somalia tersebut.

Denjaka
Denjaka (net)
Halaman
1234
Sumber: Surya
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved