Breaking News:

Berita Solo

Lembaga Dewan Adat Keraton Kasunan Solo Gelar Haul Sultan Agung

Lembaga Dewan Adat (LDA) Keraton Kasunanan Solo Hadiningrat menggelar Haul Sultan Agung Hanyokrokusumo pada Minggu (20/9/2020) kemarin.

Istimewa
Haul Sultan Agung Hanyokrokusumo yang digelar di Masjid Agung Solo,pada Minggu (20/9/2020) kemarin. 

TRIBUNJATENG.COM, SOLO - Lembaga Dewan Adat (LDA) Keraton Kasunanan Solo Hadiningrat menggelar Haul Sultan Agung Hanyokrokusumo pada Minggu (20/9/2020) kemarin.

Acara wilujengan digelar di Sasana Sumewo Pegelaran Keraton Solo dan Masjid Agung Solo.

Ketua Lembaga Dewan Adat (LDA) Keraton Kasunanan Solo Hadiningrat, Gusti Kanjeng Ratu (GKR) Wandansari Koes Moertiyah mengatakan, acara wilujengan ini baru dua kali digelar. Rencanannya acara haul akan rutin dilakukan setiap tahun.

Laeli Pelaku Mutilasi Kalibata City Dikenal Berprestasi Sejak SMA di Slawi Tegal

Mahasiswi Asal Banyumas yang Tenggelam di Pantai Logending Kebumen Ditemukan Tewas

BREAKING NEWS: Pasar Wage Purwokerto Terbakar, Seluruh Pedagang Diungsikan

Mendikbud Tegaskan Tak Ada Penghapusan Pelajaran Sejarah Termasuk Penyederhanaan Kurikulum

"Saya sendiri setiap tahun muter di acara haul di Pati Grobogan, Jawa Timur. Kenapa kita sendiri tidak. Akhirnya terwujud kemarin dan tahun ini. Ini bertujuan mengingatkan kembali asal usul kita. Eyang Sultan Agung ini sudah menjadi pahlawan nasional," katanya.

Layaknya wilujengan, haul Sultan Agung Hanyokrokusumo diisi dengan doa, tahlil serta dzikir. Ada pula persembahan yang disajikan seperti jenang abang putih, ketan kolak apem, sego asahan dan lainnya.

Direktur Eksekutif Lembaga Bantuan Hukum LDA Solo, KPH Eddy Wirabhumi menambahkan, karena kondisinya masih pandemi virus Covid-19, jumlah peserta dibatasi sekitar 200-300 orang. Berbeda dengan wilujengan sebelumnya yang dihadiri sekitar 5.000 orang.

"Intinya ini mengiri doa kepada Tuhan agar (Sultan Agung Hanyokrokusumo) ditempatkan ditempat yang semestinya sesuai amal dan perjuangannya dulu," ucapnya.

Di sisi lain, melalui acara ini harapannya pandemi virus Covid-19 ini segera berlalu.(*)

Penulis: Agus Iswadi
Editor: m nur huda
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved