Breaking News:

Berita Batang

25 Ton Bawang Putih Batang Masuk Taiwan, Ternyata Hanya Buat Bahan Obat Herbal

Bawang putih hasil tanam petani Kecamatan Bawang, Kabupaten Batang, Jawa Tengah menembus pasar Taiwan.

Penulis: dina indriani | Editor: Daniel Ari Purnomo

TRIBUNJATENG.COM,BATANG - Bawang putih hasil tanam petani Kecamatan Bawang, Kabupaten Batang, Jawa Tengah menembus pasar Taiwan dengan mengekspor sebanyak 25 Ton.

Ekspor perdana dilepas langsung oleh Bupati Batang Wihaji di Balai Penyuluhan Pertanian Desa Surjo, Kecamatan Bawang, Jumat (25/9/2020).

Bupati Wihaji mengatakan ekspor bawang putih hasil tanam petani di Kecamatan Bawang bukan untuk konsumsi melainkan untuk obat herbal.

"Bawang putih yang kita ekspor ke Taiwan untuk kebutuhan jamu bukan untuk konsumsi, karena kandungan dan khasiatnya untuk herbal," tutur Wihaji usai melepas ekspor bawang putih.

Wihaji mengapresiasi petani bawang putih Kecamatan Bawang, karena berhasil membudidaya bawang jenis lumbu hijau yang mampu menjadi produk komoditas unggulan.

"Komoditas ini akan terus kita eksplore terus sebagai kekuatan petani Kecamatan Bawang khususnya bawang putih," ujarnya.

Ia pun menjelaskan untuk kebutuhan ekspor bawang putih di negara Taiwan masih cukup banyak, dan petani Batang belum mampu memenuhinya.

"Taiwan meminta 1.000 Ton per tahun, tapi kita hanya mampu 25 Ton per tahun, kalau nanti ada keuntungan dari petani, saya yakin petani lainnya di Batang akan ikut menanam bawang untuk memenuhi kebutuhan ekspor," jelasnya.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Batang, Heru Yuwono mengatakan potensi pengembangan bawang putih di Kabupaten Batang sejumlah 1.000 hektare, yang tersebar di Kecamatan Bawang, Blado dan Reban.

"Program pengembangan bawang putih merupakan program Kementerian pertanian sejak tahun 2018, yang semula 150 hektare karena ada recofusing adanya Covid-19 menjadi seluas 50 hektare," ujarnya

Halaman
12
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved