Breaking News:

Universitas Nasional Karangturi

Covid-19 dan Fenomena Ribuan Kosakata Baru Bahasa Inggris

Mempelajari istilah dan kosakata baru dalam bahasa Inggris sangatlah penting untuk membantu kita memahami informasi akan kejadian teraktual

Editor: abduh imanulhaq
IST
Aziza Restu Febrianto, S.Pd., M.A, Dosen Prodi PBI Unkartur Semarang 

Oleh Aziza Restu Febrianto, S.Pd., M.A.
Dosen Prodi PBI Universitas Nasional Karangturi

PANDEMI Covid-19 telah memberikan dampak yang signifikan terhadap kondisi ekonomi, politik, lingkungan, pendidikan, dan kesehatan di berbagai negara di dunia.  Dampak ini tanpa disadari ternyata juga berpengaruh pada perbendaharaan bahasa, terutama istilah dan ungkapan baru dalam bahasa Inggris sebagai bahasa internasional.

Selain istilah-istilah resmi medis yang menjadi populer di media massa, ada juga kosakata baru yang muncul tak terduga berasal dari masyarakat selama pandemi ini terutama melalui media sosial. Sebagian dari kosakata ini kemudian dimasukkan secara resmi di dalam kamus rujukan seperti Oxford English Dictionary dan Cambridge English Dictionary. Istilah Covid-19 sendiri juga sudah bisa ditemukan di kedua kamus tersebut.

Covid-19 – Coronavirus Disease 2019 atau wabah virus Corona yang pertama kali ditemukan penyebarannya pada tahun 2019.

Self-isolation dan Self-quarantine – Dalam bahasa Indonesia, self-isolation diartikan sebagai isolasi mandiri, sedangkan self-quarantine adalah karantina mandiri. Walaupun digunakan dalam konteks yang hampir sama, kedua istilah tersebut memiliki makna yang berbeda. Isolasi mandiri adalah suatu tindakan untuk memisahkan orang yang terinfeksi penyakit dengan orang yang sehat. Sedangkan karantina mandiri cenderung pada pembatasan aktivitas orang-orang yang terpapar oleh suatu penyakit di daerah tertentu. 

Social distancing  – Menjaga jarak antara orang satu dengan lainnya untuk mengurangi resiko penularan wabah. Dalam penggunaannya, social distancing sangat populer di masyarakat. Namun, menurut organisasi kesehatan dunia/ WHO dan beberapa pakar bahasa lainnya, istilah yang paling tepat digunakan untuk konteks ini sebenarnya adalah physical distancing yang bermakna menjaga jarak secara fisik. Menurut mereka, makna dari social distancing lebih mengarah pada menjaga jarak antar hubungan manusia secara sosial yang seharusnya justru dilakukan untuk saling mendukung pada masa pandemi ini.

Elbow bump – Menurut Oxford English Dictionary, Elbow bump adalah suatu cara alternatif bersalaman dengan menggunakan sikut untuk menghindari penularan penyakit yang biasanya melalui telapak tangan.

Flatten the Curve – Upaya untuk mengendalikan suatu jumlah tertentu agar tidak meningkat secara signifikan. Ungkapan ini muncul dan sangat populer di media massa karena kekhawatiran masyarakat akan intensitas peningkatan jumlah orang yang terinveksi Covid-19.

Beberapa Istilah yang disebutkan dalam artikel ini hanyalah sedikit contoh dari banyaknya kosakata baru yang muncul karena pandemi Covid-19. Seorang ahli bahasa, penyusun kamus dan konsultan di King’s College London, Tony Thorne telah mengumpulkan lebih dari 1000 kata baru akibat pandemi Covid-19 yang di antaranya telah ia publikasikan melalui situs pribadinya, https://language-and-innovation.com/. Sebagian dari kosakata dan istilah baru ini juga sudah bisa ditelusuri melalui situs resmi Oxford English Dictionary, https://www.oed.com/ atau https://www.oxfordlearnersdictionaries.com/ dan Cambridge English Dictionary, https://dictionary.cambridge.org/.

Thorne mengatakan bahwa kemunculan semua istilah dan kosakata baru termasuk ungkapan gaul (slang) selama pandemi ini merupakan fenomena yang wajar karena manusia membutuhkan perbendaharaan baru untuk mengungkapkan pemikiran dan perasaannya tentang peristiwa atau kejadian baru yang tidak pernah terprediksi sebelumnya.

Mempelajari istilah dan kosakata baru dalam bahasa Inggris sangatlah penting untuk membantu kita memahami informasi akan kejadian teraktual dan terkini di seluruh dunia terutama mengenai perkembangan krisis pandemi Covid-19 yang juga berdampak pada Indonesia. Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris Universitas Nasional Karangturi sangat memahami akan kebutuhan ini dengan menyelenggarakan perkuliahan yang berbasis pada sumber materi kekinian dan relevan sesuai dengan perkembangan zaman.  (*)

Informasi lebih lanjut : Jl. Raden Patah No. 182-192, Semarang. Telp. 024-3545882/08112710322 atau IG @universitasnasionalkarangturi.

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved