Breaking News:

Maulid Nabi

Sejarah Perjuangan Nabi Muhammad SAW dari Awal Kenabian Hingga Menjelang Hijrah ke Madinah

Arabia merupakan wilayah padang pasir yang terletak di bagian Barat Daya Asia, dan merupakan padang pasir yang tergersang dan terluas di dunia.

IST
KH Masruchan Bisri, Pengasuh Ponpes Askhabul Kahfi 

BERIKUT ini sejarah perjuangan Nabi Muhammad SAW dari awal kenabian hingga menjelang hijrah ke Madinah.

• Letak geografis negeri Arab

Arabia merupakan wilayah padang pasir yang terletak di bagian Barat Daya Asia, dan merupakan padang pasir yang tergersang dan terluas di dunia.

Arabia merupakan wilayah yang strategis karena letaknya berada pada posisi pertemuan 3 benua, yaitu Asia, Afrika dan Eropa.

Sebelah barat Arabia dibatasi dengan laut Qulzum ( Laut Merah ), sebelah selatan dengan laut Hindia, sebelah timur dengan dataran tinggi Persia dan sebelah utara di batasi dengan gurun Irak dan gurun Syam ( Syiria ).

Makkah, Madinah dan Thaif adalah merupakan 3 kota besar di Arabia yang merupakan kota – kota penting dalam perjalanan da`wah Nabi Muhammad SAW.

• Kondisi sosial masyarakat Arab sebelum Islam

Masyarakat Arab terbagi menjadi 2 kelompok besar,yaitu : Hadhory ( penduduk kota ) dan Badui ( penduduk gurun / alasan ).Ciri – ciri penduduk Hadhory, yaitu :

1). Bertempat tinggal tetap.

2). Mengerti dan mengenal tata cara mengelola tanah pertanian dan mengenal tata cara perdagangan bahkan hubungan mereka telah sampai keluar negeri.

Halaman
1234
Editor: abduh imanulhaq
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved