Breaking News:

Berita Klaten

Gunung Merapi Telah Berstatus Siaga, Jalus Evakuasi Warga & Hewan Ternak di Klaten Telah Disiapkan

Gunung Merapi kini berstatus siaga. Pemerintah Kabupaten Klaten menyiapkan lokasi evakuasi bagi hewan ternak milik warga yang berada di kawasan rentan

Editor: m nur huda
Tribunjogja/ Setya Krisna Sumargo
Foto puncak barat Gunung Merapi dari PGM Babadan, Dusun Babadan, Desa Krinjing, Kabupaten Magelang, Jateng, Kamis, 29 Oktober 2020. 

  

TRIBUNJATENG.COM, KLATEN - Gunung Merapi kini berstatus siaga. Pemerintah Kabupaten Klaten menyiapkan lokasi evakuasi bagi hewan ternak milik warga yang berada di kawasan rentan bencana (KRB) Gunung Merapi.

Tiga desa yang masuk KRB di Klaten yakni, Desa Sidorejo, Tegalmulyo dan Balerante. Ketiga desa ini berada di Kecamatan Kemalang.

Selain menyiapkan tempat evakuasi bagi hewan ternak masyarakat, Pemkab Klaten juga telah membuatkan skenario cara-cara pemberian makannya.

Baca juga: Kamar Putri Kerajaan Arab Dimasuki Maling di Perancis, Barang Mewah Senilai Rp 10,1 Miliar Lenyap

Baca juga: Viral Video Mata Jenazah Covid-19 Hilang & Badan Tengkurap, Pengunggah Diburu Polisi

Baca juga: Viral Video Syur Mirip Gisel di Twitter hingga Trending, Tagar Gempi & Skandal Juga Menyusul

Baca juga: Ruben Onsu Peringatkan Orang yang Bully Anaknya: Kamu Memancing Singa yang Tidur

Kesiapsiagaan itu dilakukan guna mengantisipasi jika sewaktu-waktu Gunung Merapi mengalami peningkatan aktivitas.

Sebagaimana diketahui, status Gunung Merapi sudah naik dari waspada level II ke siaga level III yang ditetapkan oleh Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) Yogyakarta, Kamis (5/11/2020) pukul 12.00 WIB.

"Skenarionya sudah ada. Dinas pertanian sudah punya cara berhitung dan cara memberikan makan," ujar Penjabat sementara (Pjs) Bupati Klaten, Sujarwanto Dwiatmoko saat ditemui di Desa Balerante, Kecamatan Kemalang, Jumat (6/11/2020).

Sujarwanto mengatakan, untuk evakuasi hewan ternak milik masyarakat di tiga desa yang berstatus KRB, akan disiapkan di lokasi cukup aman yang masih berada di desa-desa tersebut.

"Masing-masing desa KRB akan ada lokasi evakuasi ternak. Yakni ada di sini (Desa Balerante-red), Sidorejo dan Tegalmulyo," ucapnya.

Selain itu, ia juga menyebut kesiapan mitigasi bencana masyarakat di desa-desa kawasan rawan bencana (KRB) di Kabupaten Klaten sudah cukup baik.

Tidak hanya kesiapan masyarakat, kesiapan dari perangkat desa juga sudah cukup baik dan lebih siap karena sudah ada jalur-jalur evakuasi yang tersedia, termasuk tanda petunjuk arahnya.

"Mudah-mudahan kesiapan ini membuat masyarakat terlindungi dan tidak ada korban mudah-mudahan, kalaupun ada bisa diminimalisir," jelasnya. (Tribunjogja/Almurfi Syofyan)

Artikel ini telah tayang di Tribunjogja.com dengan judul Antisipasi Erupsi Gunung Merapi, Pemkab Klaten Siapkan Lokasi Evakuasi Hewan Ternak Warga

Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved