Breaking News:

Pilkada Blora 2020

KASN Rekomendasi Bupati Blora Berikan Sanksi Sedang kepada Kepsek SD 1 Bogorejo Japah

Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) melayangkan rekomendasi kepada Bupati Blora untuk memberi sanksi kepada Kepala Sekolah SD 1 Bogorejo, Japah.

Penulis: Rifqi Gozali | Editor: muh radlis
IST
Ketua Bawaslu Blora, Lulus Mariyonan. 

TRIBUNJATENG.COM, BLORA - Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) melayangkan rekomendasi kepada Bupati Blora untuk memberi sanksi kepada Kepala Sekolah SD 1 Bogorejo, Japah.

Sanksi tersebut lantaran kepala sekolah bernama Lilik Supriadi ini tidak netral dalam Pilkada Blora.

Rekomendasi tersebut bernomor R-3914/KASN/12/2020 tanggal 1 Desember 2020 itu berkaitan dengan pelanggaran netralitas yang sebelumnya dilaporkan ke Bawaslu Blora. 

Oleh Bawaslu Blora, laporan dengan nomor register : 003/Reg/LP/PB/Kab/14.10/XI/2020 dengan terlapor Lilik diteruskan ke KASN. 

Atas turunnya sanksi itu, Ketua Bawaslu Blora Lulus Mariyonan mengatakan, KASN kembali menunjukkan komitmennya dalam netralitas Pilkada.

Hal itu menegaskan bahwa ASN yang merupakan birokrat harus melayani publik bukan melayani kelompok atau golongan tertentu. 

"Kita semua tahu ya, KASN sangat serius. Bawaslu Blora berharap sanksi ini menjadikan ASN di Blora untuk fokus dalam tugas-tugas birokrasi melayani publik," ujar Lulus, Jumat (4/12/2020).

Dalam kesempatan itu Lulus juga mengimbau kepada semua pihak untuk saling menghormati dan menjaga kualitas proses Pilkada. Apalagi pemungutan suara tinggal menghitung hari.

Ketentuan netralitas ASN diketahui diatur dalam UU ASN nomor 5 Tahun 2014. Kemudian Peraturan Pemerintah Nomor 42 Tahun 2004 Tentang Pembinaan Jiwa Korps Dan Kode Etik Pegawai Negeri Sipil.

Juga Peraturan Pemerintah Nomor  53 Tahun 2010 Tentang Disiplin Pegawai Negeri Sipil, dimana ASN atau PNS diharuskan netral dalam Pemilu.

Diketahui, Lilik Supriadi terbukti memenuhi unsur pelanggaran karena mengampanyekan untuk mendukung salah satu pasangan calon saat kegiatan Himpunan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Anak Usia Dini Indonesia (Himpaudi). (goz)

Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved