Breaking News:

Asal Muasal Pulau Setan di Kawasan Madeh Pesisir Selatan

Diceritakan bahwa dahulunya pulau ini adalah tempat favorit penguasa setempat untuk berlibur dan mengasingkan diri. Lalu lama kelamaan, pelafalan Pula

Instagram/ pulausetanauofficial
Asal Muasal Pulau Setan di Kawasan Madeh Pesisir Selatan 

TRIBUNJATENG.COM - Pulau Setan merupakan salah satu pulau yang terdapat di Kawasan Objek Wisata Mandeh Kecamatan Koto XI Tarusan Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat.

Mendengar namanya, orang mungkin akan berfikir jika Pulau Setan memiliki penampakan yang menyeramkan dan pernah terjadi tragedi yang menyeramkan.

Namun dilansir dari laman Indonesia.go.id pulau ini memiliki pemandangan bahari yang indah.

Asal-usul nama Pulau Setan

Dikutip dari laman wonderfulminangkabau,
pulau ini dahulunya bernama Pulau Sultan. Diceritakan bahwa dahulunya pulau ini adalah tempat favorit penguasa setempat untuk berlibur dan mengasingkan diri. Lalu lama kelamaan, pelafalan Pulau Sultan berubah menjadi Pulau Setan.

Saat ini , Pulau Setan menjadi salah satu surga wisata di Kabupaten Pesisir Selatan Sumatera Barat, apalagi secara keseluruhan objek wisata Kawasan Mandeh memiliki gugusan dan kesamaan dengan pulau cantik seperti Raja Ampat.

Berbeda dengan Pulau Setan di Indonesia, Pulau Setan atau Devil Island di Perancis adalah penjara yan menakutkan.

Pulau Setan menjadi pulau penjara di Prancis antara tahun 1852-1953 dan terkenal dalam Peristiwa Dreyfus.

Devil's Island atau Pulau Iblis yang terletak di lepas pantai Guyana Prancis terdapat sebuah rumah tahanan Saint Laurent de Maroni yang kemudian menjadi koloni tahanan yang paling terkenal.

Dibangun oleh Kaisar Napoleon III dan beroperasi selama 1852-1946, selama hampir 100 tahun sekitar 70.000 narapidana dikirim ke sana, termasuk pelaku pembunuhan, pemerkosaan, dan tahanan politik.

Halaman
123
Penulis: Wilujeng Puspita
Editor: abduh imanulhaq
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved