Breaking News:

Berita Karanganyar

RSUD Karanganyar Akan Bangun Gedung ICU Kapasitas 20 Tempat Tidur

Dua tempat tidur diperuntukan bagi penanganan pasien Covid-19 dan sisanya untuk non isolasi

TribunJateng.com/Agus Iswadi
RSUD Karanganyar 

TRIBUNJATENG.COM, KARANGANYAR - Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kabupaten Karanganyar berencana akan membangun gedung ICU dengan kapasitas 20 tempat tidur pada tahun ini. 

Kabid Yanmed RSUD Karanganyar, Kristanto menyampaikan, sampai saat ini RSUD Karanganyar memiliki 6 tempat tidur di ruang ICU.

Dua tempat tidur diperuntukan bagi penanganan pasien Covid-19 dan sisanya untuk non isolasi. 

Selain menindaklanjuti arahan dari Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo untuk menambah tempat isolasi, lanjutnya, rencana pembangunan gedung ICU baru tersebut karena memang sudah termasuk dalam standar operasional. Seiring mulai adanya penambahan tempat tidur bagi pasien di RSUD Karanganyar. 

"Kita tidak hanya menindaklanjuti arahan dari Gubernur, karena itu sudah standar. Ruang ICU itu kan minimal 5 persen dari total tempat tidur. Makanya kita kebutuhan sekitar 25 tempat tidur. Kita sudah punya 6 tempat tidur," katanya saat dihubungi Tribunjateng.com, Selasa (12/1/2021). 

Dia menjelaskan, saat ini total ada 383 tempat tidur yang ada di RSUD Karanganyar. Namun karena kondisi pandemi virus Covid-19, ada dua bangsal dengan kapasitas 30 tempat tidur yang tidak digunakan. Pasalnya tenaga yang bertugas di bangsal tersebut diperbantukan untuk penanganan pasien Covid-19. 

Kris sapaan akrabnya mengungkapkan, belum bisa menentukan pembagian tempat tidur di dalam gedung isolasi yang rencana dibangun pada tahun ini. 

"Ya semoga pertengahan tahun (gedung ICU baru) sudah berproses untuk pelayanan. Mungkin paling tidak dari 20 tempat tidur, 8 untuk isolasi dan sisanya untuk non isolasi," jelasnya. 

Menurutnya, pemberlakuan pembatasan aktivitas dari pemerintah merupakan upaya dalam menekan angka penyebaran virus Covid-19. Sehingga masyarakat diminta tetap waspada dan senantiasa menerapkan protokol kesehatan sembari menunggu program vaksinasi. 

RSUD Karanganyar sampai saat ini menyiapkan 113 tempat tidur untuk penanganan pasien Covid-19, baik itu pasien suspect maupun terkonfirmasi. 

"80 persen sudah terisi. Apabila penuh, pasien kita rujuk ke rumah sakit lain. Kebanyakan dirujuk ke rumah sakit daerah Solo," pungkas Kris. (Ais)

Penulis: Agus Iswadi
Editor: muslimah
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved